Viral! Atlet Pencak Silat Indonesia didiskualifikasi, apa penyebabnya?

Viral! Atlet Pencak Silat Indonesia didiskualifikasi, apa penyebabnya?

PAGARALAMPOS.COM – Kabar mengejutkan kembali hadir pada ajang sea games 2023 Kamboja, kali ini dari dunia Pencak Silat yang mengalami ketidakadilan oleh wasit asal Malaysia. Pasalnya, Safira Dwi Meilani tiba-tiba didiskualifikasi.

Pertandingan final pencak silat SEA Games 2023 digelar di Convention and Exhibition Center, Phnom Penh, Kamboja, pada Rabu (10/5/2023) siang WIB. Safira tampil ciamik dan membuat wakil Vietnam, Hoang Hong An Nguyen kesulitan.

Safira tampil dominan sehingga utusan Vietnam gagal mengembangkan permainan. Dia bahkan berhasil memimpin 11-1 pada ronde pertama.

Memasuki ronde kedua, Safira terus menjaga dominasinya hingga mencapai skor 40-30. Tak hanya itu, Safira terus memberikan serangan-serangan berbahaya dan unggul dengan skor 61-43 di ronde ketiga.

BACA JUGA:Keruntuhan Kerajaan Sriwijaya: Sebuah Kajian Pemahaman Sejarah dan Pengaruhnya pada Kehidupan

Akan tetapi, ketika ronde ketiga menyisakan waktu 18 detik, tiba-tiba wasit asal Malaysia yang memimpin jalannya laga menghentikan pertandingan. Alasannya diduga lantaran Safira berbalik badan dan meringis kesakitan.

Oleh karena itu, wasit menganggap Safira berbalik badan hingga berteriak kesakitan usai menerima serangan dari wakil Vietnam. Perlu diketahui, menurut peraturan yang ada hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Alhasil, Safira Dwi Meilani pun harus didiskualifikasi. Dia menelan kekalahan meski unggul jauh dari perolehan angka dan harus puas meraih medali perak di SEA Games 2023.

Sejatinya, dari tayangan video yang beredar terlihat Safira hanya berbalik badan saja dan sekadar meringis kesakitan, namun sama sekali tidak berteriak. Safira baru menangis ketika wasit memutuskan untuk mendiskualifikasi padahal dia masih bisa melanjutkan laga.

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah Langkah Awal Pertolongan Pertama Patah Tulang

Keputusan wasit tersebut tentunya sangat merugikan bagi Indonesia. Pasalnya, pencak silat merupakan cabang olahraga yang diharapkan bisa meraih emas yang banyak untuk Indonesia.

Saat ini tim pencak silat Indonesia tengah mengajukan protes terkait keputusan wasit di laga tersebut. Diharapkan, hasil dari protes tersebut membuahkan sesuatu yang manis agar Safira bisa meraih medali emas.

Di cabor lain, perjuangan Timnas Indonesia U-23 malam ini kembali bergulir dengan menghadapi tuan rumah Kamboja. Saat ini, timnas Indonesia sudah dipastikan untuk lolos kebabak Semifinal yang akan menghadapi Vietnam dan Thailand.

Sananta dkk memang tampil apik selama pagelaran sea games 2023 ini, karena mereka sekali pun belum pernah mengalami kebobolan satu gol pun dari lawan-lawannya. Akankah perjuangan Timnas indonesia U-23 untuk meraih Emas pada sea games kali ini akan terwujub? Patut untuk kita nantikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: