Cegah Motor Berkarat! Lakukan 4 Tips Ini

Cegah Motor Berkarat! Lakukan 4 Tips Ini

Cegah Motor Berkarat! Lakukan 5 Tips Ini--

PAGARALAMPOS.COM - Semua pemilik motor pastinya tidak mau jika kendaraan kesayangannya kotor apalagi sampai berkarat, untuk menghindari hal ini, tentunya ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemilik motor supaya kendaraannya terbebas dari yang namanya karat. Nah, jika belum tau, ini 4 tips versi pagaralampos.disway.id yang bisa kamu lakukan untuk mencegah motor berkarat. 
 
Nah, untuk mengetahui secara  jelas dan detail,  tentang cara untuk mencegah agar tidak ada karatan pada sepeda motor Anda, berikut tipsnya yang bisa anda gunakan dalam perawatan sehari-hari.
 
Tips Mencegah Korosi pada Motor

Hindari Genangan Air
BACA JUGA:Yuk Kunjungi! Ini Destinasi Wisata Palembang yang Lagi Hits
Di sisi lain, tips mencegah motor terhindari dari karatan, Anda harus menghindari jalan yang tergenang oleh air.

Hal ini sangat perlu untuk Anda lakukan agar bagian velg yang berbahan besi tidak serta merta tergenang oleh air hujan yang menggenang.

Pasalnya, air hujan yang menggenang sudah barang tentu akan membuat korosi pada beberapa sisi atau kisi-kisi pada velg tersebut.

So, untuk mencegahnya, cari rute jalan lain yang diprediksi tidak banyak genangan air atau banjir. Ini akan sangat membantu Anda.
Namun, jangan lupa ketika sesampainya di rumah untuk membilasnya menggunakan air bersih sumur untuk menghilangkan bekas-bekas air hujan yang menempel pada tiap bagian dari motor Anda.
 
Rutin Cuci Motor

Anda harus rajin mencuci motor, terutama ketika motor kehujanan.

Karena, kandungan air hujan yang menempel pada bagian motor, terutama berbahan besi akan sangat mudah sekali memicu timbulnya karatan atau korosi.
 

BACA JUGA:TOP 5 Tempat Wisata Palembang Paling Sering Dikunjungi
Maka dari itu, bila Anda menggunakan sepeda motor saat musim hujan, segera cuci motor Anda. Tidak perlu menggunakan sabun, Anda cukup membilasnya dengan air bersih dari sumur.

Lalu, jangan lupa untuk dikeringkan sekaligus menggunakan kanebo. Pastikan bahwa tidak ada air yang tersisa agar tidak memicu timbulnya flek ketika terpapar sinar matahari.
 
Hindari Parkir di Tempat Terbuka

Selain untuk menghindari paparan terik sinar matahari langsung, ternyata menghindari parkir di tempat terbuka juga termasuk cara dalam mencegah karatan, terutama di saat musim hujan seperti saat ini.
BACA JUGA:Memukau! Ini 6 Wisata di Lahat Yang Lagi Populer 2023, Benarkah ada Green Canyon?
Perlu disampaikan bahwa kondisi hujan tiba, tentu motor yang terparkir di luar akan lebih berpotensi terkena tetesan air hujan lebih banyak dan sangat berpotensi mengalir ke setiap kisi maupun bagian daripada komponen motor itu sendiri.

Tak hanya itu saja, bahan dalam kasus yang lain pun, memarkir motor di luar juga sangat berpotensi sekali membuat mesin motor macet dan tidak bisa hidup karena ada kemungkinan air masuk ke sistem kelistrikan maupun membasahi busi.

Maka dari itu, akan lebih baik bagi Anda untuk selalu menjaga motor agar tidak diparkirkan di area terbuka, baik saat musim hujan maupun ketika musim kemarau tiba.

Mengacu atas beberapa informasi penting di atas, sudah jelas Anda bisa mengetahui langkah apa saja yang diperlukan untuk mengurangi atau mencegah motor berkarat. Terutama, pada beberapa bagian yang memiliki bahan material dasar dari besi.
Gunakan Selalu Cairan Anti Karat

Kemudian di sisi lain, cara untuk mencegah terjadinya karatan bisa juga dengan melakukan perawatan berupa pemberian cairan anti karat yang bisa Anda beli di toko peralatan otomotif.

Pemberian cairan karat ini sangat efektif sekali untuk meminimalisir timbulnya proses korosi yang dipicu oleh air hujan.

Nah, untuk penerapannya sendiri, biasanya cairan anti karat ini dikhususnya untuk diterapkan pada bagian rantai motor yang sudah barang tentu merupakan sektor yang berbahan material besi.
BACA JUGA:Mana yang Paling Berbahaya? Ini 5 Destinasi Wisata Ekstrem di Indonesia
So, hal ini sangat perlu untuk Anda lakukan agar rantai motor Anda tidak cepat karatan mengingat sangat berpengaruh pada performa atau tenaga mekanis pada putaran roda motor ketika motor dijalankan.
 
Demikian informasi tentang bagaimana cara mencegah motor supaya tidak berkarat, semoga bahasan di atas bisa bermanfaat.  *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: