Jangan Asal! Ini 5 Tips Merawat Kelistrikan Mobil Yang Benar

Jangan Asal! Ini 5 Tips Merawat Kelistrikan Mobil Yang Benar

Jangan Asal! Ini 5 Tips Merawat Kelistrikan Mobil Yang Benar--

JAKARTA, PAGARALAMPOS. COM – Masalah kelistrikan mobil tidak bisa di anggap sepele dan cara merawatnya juga jangan asal, ini 5 tips cara merawat kelistrikan mobil yang benar versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber. 

Perawatan mobil yang tepat, tentu harus dilakukan secara menyeluruh. Baik pemeliharaan di sektor desain, interior, dan juga mesin.

Tentu saja, semua itu bertujuan agar mobil selalu dalam keadaan prima dan nyaman ktika digunakan untuk berkendara.

Tak hanya beberapa sektor itu saja, sistem kelistrikan pada mobil juga sudah barang tentu menjadi bagian atau segmen yang perlu untuk mendapat perhatian juga.
BACA JUGA:Viral! Wisata Pinang Banjar yang Jadi Favorit Masyarakat Palembang, Bagaimana Dengan Taman Bunga Celosia?
Karena, kelistrikan pada mobil sangat berkaitan erat dengan fitur-fitur interior kabin dan juga beberapa sektor lain yang sangat penting. Seperti lampu utama, sistem infotainment, dan juga sistem lain.

Jika terjadi kerusakan di dalam rangkaian kelistrikan mobil, sudah barang tentu akan membuat kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang. Bahkan, keselamatan pun bisa terancam.

Oleh sebab alasan itu, diperlukan langkah tepat dari Anda untuk selalu melakukan perawatan dalam sistem kelistrikan mobil guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Ini tips terkait dengan bagaimana cara merawat kelistrikan mobil dengan langkah sederhana dan mudah diterapkan oleh Anda sendiri.
BACA JUGA:5 Destinasi Wisata yang Lagi Viral, Cocok Untuk Buat Konten Tik Tok
Tips Perawatan Sistem Kelistrikan Mobil

Mengenai soal perawatan, tentu diperlukan pengetahuan berupa langkah-langkah konkrit sebagai upaya guna menjaga agar sistem kelistrikan pada mobil selalu dalam kondisi yang ideal dan prima. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Selalu Rutin Ganti Aki Mobil

Tak berbeda dengan kendaraan bermotor roda dua, aki mobil pun juga memiliki masa usia pakai yang perlu Anda ganti jika memang sudah waktunya untuk diganti.
BACA JUGA:Mau Berkendara Nyaman! Ini 4 Ban Motor Terbaik Yang Wajib Kamu Coba
Bukan tanpa alasan, penggantian aki mobil secara rutin menjadi hal penting karena menjadi sumber daya listrik untuk disalurkan ke setiap komponen daripada mobil.

Di sisi lain, aki juga merupakan satu dari sekian banyak komponen kelistrikan pada mobil yang seringkali mengalami kerusakan atau bermasalah.

Maka dari itu, selalu cek kondisi aki dengan mengenal beberapa ciri aki mobil. Apalah masih mampu beroperasi dengan normal atau mulai menunjukkan indikasi tekor atau soak.

Pastikan Sekring Mobil dalam Kondisi Prima
BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Ban Motor Terbaik di Indonesia
Dalam penerapan terkait cara merawat sistem kelistrikan pada sebuah mobil, yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi sekring pada mobil itu sendiri.

Secara peran, sekring mobil sendiri berfungsi untuk memutus arus atau daya listrik jika ada indikasi tegangan arus pendek atau yang disebut korsleting.

Cek kondisinya yang umumnya terletak pada kap bagian depan mobil, tepatnya di bawah dashboard mobil.



Karena, fungsinya yang sangat vital sebagai keamanan jika terjadi korsleting atau arus pendek maka Anda harus rutin melakukan penggantian secara periodik untuk menjaga agar tidak terjadi kebakaran saat terjadi korsleting.
BACA JUGA:Menakjubkan! Selain Tempat Sejarah ini 7 Tempat Wisata di Wonoso Wajib Kamu Kunjungi
Selalu Pastikan Kabel di Kap Mobil dalam Kondisi Normal

Di samping itu, untuk menjaga atau merawat sistem kelistrikan pada mobil Anda, sebaiknya jangan lupa untuk melihat atau mengecek kondisi kabel pada mobil, terutama di bagian kap.

Kenapa begitu? Tentu saja, kabel sendiri menjadi komponen penghubung arus listrik dari sumber menuju ke komponen mobil.

Jika terjadi kerusakan, misalnya kabel getas atau mulai ada yang sobek kulit luarnya maka segera ganti dengan kabel yang baru.
BACA JUGA:Ada Apa Dengan Wisata Bukit Jempol? Bukit Unik di Lahat Sumatera Selatan
Karena, bila kondisi kabel seperti ini didiamkan atau dibiarkan begitu saja maka akan sangat berpotensi memicu timbulnya korsleting.

Lakukan Service secara Rutin

Kemudian, cara merawat bagian kelistrikan mobil yang sangat perlu untuk Anda lakukan secara rutin adalah dengan service ke bengkel resmi yang direkomendasikan pabrikan.

Sebab, service rutin ini merupakan salah satu dari beberapa langkah atau cara yang paling mudah dan efektif untuk menjaga dan merawat sistem kelistrikan pada mobil Anda.
BACA JUGA:7 Wisata Batu Viral yang Populer dan Terbaru, Yuk Kunjungi Sekarang Juga!
Apalagi, di saat mobil mendapatkan perawatan servis berkala, sistem kelistrikan mobil akan turut serta dicek dan dirawat, termasuk memperhatikan jika ada potensi masalah.

Hindari Penggunaan Piggyback Bila Tidak Diperlukan

Satu yang banyak orang belum tahu bahwa penggunaan pigyyback pada mobil menjadi salah satu hal yang sebenarnya kurang tepat dilakukan. Karena, akan mengganggu sistem kelistrikan pada mobil, terutama komponen ECU mobil.

Bagaimana tidak? Secara fungsi, memang Piggyback berperan sebagai pendongkrak tenaga mobil agar jauh lebih responsif. Hanya saja, hal ini berdampak pada sistem ECU yang didorong untuk selalu bekerja ekstra keras.
BACA JUGA:Bukan di Jepang dan Korea! Objek Wisata Viral Ini Ternyata Ada di Kerinci, Apakah Itu?
Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus maka akan membuat sistem ECU yang merupakan satu dalam rangkaian kelistrikan mobil menjadi rusak, bahkan bisa jebol.

Demikian informasi tenatng tips cara merawat kelistrikan pada mobil yang benar, semoga informasi ini bermanfaat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: