Mudah Banget! Begini Cara Merawat Mobil Agar Selalu Prima

Mudah Banget! Begini Cara Merawat Mobil Agar Selalu Prima

Mudah Banget! Begini Cara Merawat Mobil Agar Selalu Prima--

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM -  Setiap orang tentunya menginginkan jika mobil miliknya bisa awet dan selalu prima, kalau mau kondisi mobil selalu prima, mudah banget, begini cara merawatnya versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.

Sebagai pemilik mobil, sudah menjadi kewajiban untuk selalu melakukan perawatan rutin pada mobil. Hal ini dilakukan supaya mobil tetap awet dan dalam kondisi yang baik.

Ada berbagai cara merawat mobil yang bisa dilakukan untuk menjaga performa tetap prima meskipun sudah berumur. Ini tentu menjadi perhatian penting yang harus dipahami oleh para pemilik mobil.

Teknik perawatan mobil ini juga tak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Artinya, hanya diperlukan rutinitas dan sedikit informasi mengenai langkah yang benar dalam melakukan perawatan mobil sehari-hari.
BACA JUGA:Tekankan Pengelola Destinasi Wisata Perhatikan Manajemen Keramaian Saat Libur, Ini Pesan Menparekraf!
Nah, terkait soal tersebut, ada 3 bagian utama yang perlu dilakukan untuk memelihara kondisi mobil agar tetap prima dan tidak mudah rusak. Kira-kira apa saja itu?

Ini beberapa bagian mobil yang perlu dirawat sebelum menginjak pada penerapan cara merawat mobil.

Bagian Mobil yang Perlu Dirawat

Ada beberapa sektor atau bagian mobil yang perlu mendapat perhatian khusus dari para pemiliknya. Antara lain sebagai berikut.
BACA JUGA:Siapin Budgetmu Buat Liburan! Ini Dia Rekomendasi Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Mataram
Mesin

Tak bisa dipungkiri bahwa sektor mesin juga merupakan bagian mobil yang perlu dirawat. Hal tersebut tak lepas dari fungsi mesin sendiri.

Dimana, keberadaan mesin sangat diperlukan dalam menunjang performa saat mobil dikendarai. Tidak jarang beberapa pemilik mobil mengesampingkan sisi ruang pacu dari mobil.

Oleh karena itu, sangat perlu memperhatikan kondisi mesin yang terdiri dari beberapa komponen penting agar kondisi performa mobil tetap baik sekaligus meminimalisir terjadinya kerusakan ketika dalam perjalanan.
BACA JUGA:Murah! 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Pagar Alam yang Populer, Berapa Biayanya?
Interior

Tak hanya tampilan luarnya saja, interior juga menjadi bagian mobil yang perlu dirawat dan mendapat perhatian khusus dari si pemilik mobil.

Apalagi, interior di sini berkaitan erat dengan ruang kabin yang mana menjadi ruang penumpang dan pengemudi.

Nah, guna menjaga kenyamanan dalam berkendara maka diperlukan perawatan di berbagai sisi dalam kabin atau interior, seperti dashboard, jok, maupun fitur pelengkap lain yang disematkan di bagian ini.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Bromo Wajib Kamu Kunjungi, Salah Satunya ada Pasir Berbisik
Eksterior

Bagian eksterior adalah bagian terluar dari mobil. Dimana, sektor ini lebih menekankan pada perawatan di sisi bodi mobil secara keseluruhan, baik dari sisi depan, samping, belakang, dan atas.

Selain itu, sektor eksterior di sini juga menjadi bagian penting yang sangat lekat akan kesan penampilannya. Maka dari itu, bagian ini juga perlu penanganan dari si pemilik supaya penampilan eksterior pada mobil menjadi lebih terjaga dan menarik.

Cara Merawat Mobil
BACA JUGA:Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kampung Heritage Kajoetangan Jatim Unggulkan Wisata Tematik
Setelah mengetahui dan memahami bagian mobil yang perlu dirawat, berikut di bawah ini akan Mas Sena sajikan informasi mengenai cara merawat mobil yang benar agar kondisinya tetap awet dan prima.

Perawatan Mesin Mobil

Nah, satu bagian penting dalam menerapkan cara merawat mobil yakni dengan melakukan pengecekan pada sektor mesin mobil.

Dimana, pengecekan yang perlu dilakukan yakni melihat kondisi oli mesin. Caranya, bisa dengan sedikit meneteskan cairan oli, jika terdapat serpihan halus, maka sudah saatnya oli diganti.
BACA JUGA:Wajib Dikunjungi! Ini 6 Tempat Wisata di Padang, Serasa Diluar Negeri
Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi air radiator. Karena, air radiator di sini berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang mesin beroperasi. Isilah air radiator jika sudah mulai berkurang.

Periksa juga kondisi kabel dan lampu mobil. Sebab, komponen ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Maka dari itu, pastikan bahwa tidak ada kabel yang putus atau mulai rusak.

Lalu, cek juga kondisi kabel pada lampu. Mengingat, lampu adalah bagian penting untuk menunjang pencahayaan ketika berkendara di malam hari. Jika terjadi kerusakan maka segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Kemudian, yang tak kalah penting dalam perawatan mesin mobil di sini adalah soal aki. Bukan tanpa alasan mengingat fungsi aki sendiri sebagai sumber tenaga untuk menghidupkan mesin, lampu, dan beberapa fitur interior.
BACA JUGA:Jangan Lupa Ketinggalan! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
Pastikan kondisi air aki masih dalam batas seharusnya. Jika sudah berada di bawah garis penanda maka Anda bisa mengisi air aki.

Selain itu, Anda bisa juga dengan mengukur tegangan pada aki dengan menggunakan voltmeter. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi aki apakah masih ada aliran listrik atau sudah soak.

Nah, dari sekian beberapa langkah atau cara merawat mobil dari tiap bagian, mulai eksterior, interior, sampai pada mesin di atas, tentunya menjadi sebuah referensi yang patut Anda pahami.

Di sisi lain, beberapa informasi di atas adalah langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memelihara kondisi mobil sehari-hari. Sehingga, tidak harus melulu datang ke bengkel setiap ada kerusakan.
BACA JUGA:Jangan Lupa Ketinggalan! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
Dengan demikian, beberapa cara merawat mobil di atas bisa mencegah terjadinya kerusakan parah, khususnya di bagian mesin dan kelistrikan yang sangat perlu mendapat perhatian khusus.

Perawatan Interior Mobil

Kemudian, cara merawat mobil di bagian interior, Anda bisa melakukan beberapa sederhana yang tidak terlalu rumit.

Seperti dengan membersihkan dashboard dengan mengelapnya menggunakan kain yang lembut. Selain itu, untuk menyingkirkan debu di bagian sudut maupun lubang AC, Anda cukup menggunakan kemoceng atau kuas saja.
BACA JUGA:Keren! Desa Wisata Bowele Malang Diresmikan Menparekraf Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
Nah, sebagai tambahan, disarankan menggunakan Biopolish Leather Care guna menjaga dashboard agar tidak kering ketika terkena sinar matahari.


Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan jok mobil. Untuk membersihkannya pun Anda tidak perlu membawanya ke salon mobil.

Karena, untuk perawatan rutin harian, cara membersihkannya hanya cukup dengan menggunakan lap kering, sikat gigi yang tidak terpakai atau kalau perlu, Anda juga bisa menggunakan penghisap debu untuk mengurangi debu yang menempel secara lebih maksimal di bagian jok mobil.

Lalu, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian langit-langit pada kabi dengan menggunakan lap basah. Namun, setelah dibersihkan, gunakan lap bersih yang kering untuk membersihkan sisa-sisa air dan kotoran yang masih menempel.
BACA JUGA:Tekankan Pengelola Destinasi Wisata Perhatikan Manajemen Keramaian Saat Libur, Ini Pesan Menparekraf!
Perawatan Eksterior Mobil

Cara merawat mobil bagian pertama yakni perawatan pada sektor eksterior atau bagian bodi sebagai sisi terluar.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga bodi eksterior agar tetap baru yakni bisa dengan mencuci mobil secara rutin. Anda bisa mencuci mobil setiap dua minggu sekali.

Namun, akan sangat lebih baik, khususnya ketika kehujanan. Air hujan mengandung zat kimia yang bisa membuat kilau mobil menjadi berkurang.
BACA JUGA:Siapin Budgetmu Buat Liburan! Ini Dia Rekomendasi Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Mataram
Ada baiknya, untuk mencuci mobil, gunakan sampo mobil untuk mengembalikan warna cerah cat. Hindari penggunaan shampo untuk rambut atau sabun cuci selain khusu mencuci mobil karena dikhatirkan justru akan merusak cat pada mobil.

Jika tidak punya shampoo khusus mobil, Anda cukup lakukan penyiraman saja pada mobil sampai bersih dengan air bersih.

Langkah ini dirasa perlu sebagai cara dasar dalam melakukan perawatan bodi mobil. Untuk penggunaan wax atau compound mobil, itu termasuk pilihan. Yang terpenting adalah mencuci mobil dengan menggunakan air bersih secara rutin. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: