Jangan Panik Ban Tubeless Bocor Halus, Ini Tips Mengatasinya

Jangan Panik Ban Tubeless Bocor Halus, Ini Tips Mengatasinya

Jangan Panik Ban Tubeless Bocor Halus, Ini Tips Mengatasinya--

JAKARTA, PAGARALAM POS. COM – Jika Ban Tubeless mobil maupun motor anda mengalami Bocor Halus, jangan dulu panic, ini tips cara mengatasinya versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.

Tips untuk mencegah sekaligus mengatasi ban tubeless yang tiba-tiba sering kempes atau bocor halus.

Cara Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus – Pernahkah Anda mengalami kejadian motor mengalami bocor halus? Padahal, sudah menggunakan ban tubeless?

Jika memang benar demikian, tentu saja Anda adalah orang yang tepat untuk membaca artikel ini.
BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan
Karena, kali ini Mas Sena akan berbagi topik mengenai bagaimana cara mengatasi ban tubeless bocor halus atau sering kempes secara tiba-tiba.

Kondisi seperti ini memang sangat merepotkan. Apalagi, jika terjadi secara terus menerus, tentu Anda harus bolak balik untuk mengisi angin guna menjaga tekanan angin pada ban agar kembali normal.

Maka dari itu, Anda harus menemukan solusi untuk mengatasinya supaya kondisi ban tubeless kembali normal seperti sedia kala.

Lantas bagaimana caranya? Jangan khawatir kawan, berikut adalah beberapa cara mengatasi ban tubeless bocor halus yang akan kita awali dari penjelasan mengenai penyebabnya sebagai bahan referensi.
BACA JUGA:Jangan Ngaku Penggemar Wisata! Kalau Belum Mengunjungi 6 Wisata di Ubud Bali, Salahsatunya Bikin Kaget
Penyebab Ban Tubeless Bocor Halus

Di bawah ini adalah beberapa faktor pemicu yang menyebabkan ban tubeless sering kempes atau mengalami bocor halus.

Ban Mulai Tipis

Kondisi ban yang sudah mulai tips atau botak adalah faktor utama yang memicu terjadinya ban mengalami bocor halus.
BACA JUGA:Wow Keren! 15 Destinasi Wisata di Bengkulu Ini Buat Geleng-geleng Kepala, Ada Apa Yah?
Maka dari itu, Anda harus terlebih dahulu cek kondisi permukaan ban tubeless pada motor Anda. Apakah masih tebal atau justru sudah tipis.

Jika masih tebal maka tentu saja kebocoran pada ban disebabkan karena hal lain. Namun, jika kondisi permukaan ban tipis, itu sangat dimungkinkan menjadi penyebab ban tubeless sering kempes.

Kebocoran di Sambungan Velg-Ban

Di sisi lain, faktor yang juga menjadi penyebab ban tubeless bocor hals dikarenakan adanya kondisi kebocoran pada bagian sambungan antara velg dan ban.
BACA JUGA:Butuh Refreshing? Yuk Kunjungi 7 Destinasi Wisata di Palu
Ini menjadi sebuah bukti bahwa faktor pemicu kebocoran tak melulu dari faktor luar, melainkan juga bisa disebabkan karena bagian dalam ban itu sendiri. Seperti antara sambungan velg dengan ban.

Kondisi Celah Ban Kotor

Ternyata, hal lain yang tak diduga namun bisa menjadi faktor penyebab kondisi ban tubeless mengalami bocor halus, bisa dikarenakan kondisi celah pada sisi ban kotor.

Hal ini sangat dimungkinkan dikarenakan adanya pasir atau tanah yang masuk di sela-sela bagian antara ban dan velg di sisi luar.
BACA JUGA:Jangan Ngaku Orang Bengkulu, Kalau Belum Berkunjung ke 15 Destinasi Wisata di Bengkulu
Nah, kotoran seperti pasir ini tentu saja membuat celah ban menjadi sedikit longgar yang berakibat angin di dalam ban sedikit demi sedikit keluar.

Kondisi seperti ini tentu saja sangat jarang disadari oleh para pemilik kendaraan bermotor mengingat indikasinya yang hampir tidak diketahui.

Biasanya, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membilas sisi ban dengan air bersih sesaat setelah motor digunakan di waktu hujan turun atau setelah melewati medan jalan berlumpur.

Solusi Ban Tubeless Bocor Halus
BACA JUGA:10 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga
Berikut akan Mas Sena paparkan langkah sederhana untuk mengatasi ban tubeless yang mengalami bocor halus.

Mencuci Area Ban dengan Air

Hal pertama sebagai cara mengatasi ban tubeless bocor yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencuci sekaligus membilas bagian ban dengan menggunakan air bersih.

Lakukan hal ini di kala motor sesaat setelah digunakan melewati medan yang becek atau berlumpur ketika musim hujan.
BACA JUGA:6 Rekomendasi Lokasi Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta
Anda bisa melakukannya sekaligus mencuci motor secara keseluruhan untuk menghilangkan bekas-bekas kotoran yang menempel.

Pembersihan area ban, terutama di bagian sela bagian batas dan velg menjadi salah satu tips untuk mengatasi kondisi ban yang sering bocor halus.

Karena, kotoran yang menempel, bisa berupa pasir atau tanah saat musim hujan tiba, sangat berpotensi masuk ke bagian sela-sela ban dan velg sehingga memberikan rongga lembut yang mengakibatkan angin keluar.

Maka dari itu, lakukan pembilasan dengan air bersih setiap kali motor digunakan saat musim hujan.
BACA JUGA:Recommended Banget! Ini 10 Tempat Wisata Kuliner Enak di Jakarta yang Paling Favorit
Gunakan Nitrogen

Untuk mencegah kebocoran halus yang berulang, Anda juga bisa menggunakan nitrogen sebagai isi daripada ban itu sendiri.

Kenapa demikian? Dan, apa hubungannya dengan bocor halus?

Karena, pada dasarnya ban tubeless itu merupakan tipe ban yang anti bocor. Artinya, setiap kali ada benda tajam yang menusuk, biasanya setelah dicabut secara otomatis bekas lubang karena tusukan tersebut akan tertutup oleh cairan khusus ban tubeless.
BACA JUGA:Miliki Daya Tarik Wisata Luar Biasa, Ini Destinasi Wisata Purwokerto yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran!
Namun, bila kondisinya bocor halus yang sulit diketahui penyebabnya maka Anda bisa menggunakan gas nitrogen sebagai langkah preventif untuk mencegah ban mengalami bocor halus.

Dimana, tekanan yang dimiliki gas nitrogen jauh lebih baik dan aman ketimbang angin biasa. Artinya, tekanan gas nitrogen bisa merata dan memasuki setiap celah atau sisi-sisi pada bagian dalam ban.

Dengan demikian ketika melewati medan bergeronjal dan tajam maka biasanya tekanan ban dai gas nitrogen tersebut akan mengikuti tekanan dari luar yang membuat ban menjadi fleksibel.

Menggunakan Lem pada Area yang Bocor
BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Favorit Wisatawan di Demak
Kemudian, langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menetesi lem power glue pada area ban yang bocor hingga lem benar-benar meresap.

Perlu diketahui bahwa penggunaan lem power glue seperti ini terbilang cukup efektif untuk mengatasi ban tubeless yang sering kempes atau bocor halus.

Anda bisa meneteskan lem power glue ini ke area ban yang sudah diketahui kebocorannya. Jika sudah, tusuk-tusuk sedikit pada ban yang berlubang kecil itu agar lem masuk dan meresap.

Tunggu lem sampai benar-benar dalam kondisi kering. Setelah itu, pompa ban sampai pada tekanan tertentu dan cek dengan menggunakan air sabun. Apakah ada gelembung atau tidak.
BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan
Jika sudah tidak ada maka dipastikan cara ini sudah berhasil menghambat angin keluar melalui lubang atau celah di bagian permukaan ban tersebut.

Menggunakan Cairan Anti Bocor Ban Tubeless

Salah satu cara mengatasi ban tubeless boro halus yang paling efektif adalah dengan menggunakan cairan anti bocor khusus tubeless.

Dimana, fungsi dari cairan ini tentu untuk menutupi lubang secara otomatis saat paku yang menancap di ban dilepas.
BACA JUGA:Jangan Ngaku Penggemar Wisata! Kalau Belum Mengunjungi 6 Wisata di Ubud Bali, Salahsatunya Bikin Kaget
Cairan anti bocor ini memang dinilai sangat efektif dan ampuh untuk mengatai solusi ban tubeless yang bocor dikarenakan tertancap benda tajam.

Mekanismenya pun cukup sederhana yakni dengan meredam atau meminimalisir berkurangnya tekanan pada angin di dalam ban secara drastis sekaligus ketika ban terkena atau tertembus benda tajam, hingga ban tidak kempes.

Maka, tak heran jika cairan anti bocor ban tubeless ini banyak dipilih oleh konsumen sebagai langkah efekif dan efisien untuk mencegah sekaligus mengatasi kebocoran pada ban tubeless itu sendiri.

Nah, itu tadi beberapa langkah mudah dan efektif untuk mengatasi ban tubeless yang mengalami bocor halus.
BACA JUGA:Wow Keren! 15 Destinasi Wisata di Bengkulu Ini Buat Geleng-geleng Kepala, Ada Apa Yah?
Dari cara di atas, tentu Anda bisa memilih salah satu langkah yang dirasa paling tepat sesuai dengan tingkat kebocorannya yang terjadi pada ban motor Anda.

Namun, agaknya cara yang paling mudah dan efektif adalah dengan menggunakan cairan anti bocor. Karena, dinilai sangat manjur sebagai solusi untuk menjaga agr tidak terjadi kebocoran.

Semoga, artikel mengenai cara mengatasi ban tubeless bocor halus ini bisa menjadi saran terbaik untuk Anda lakukan. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: