Tidak Harus ke Bengkel, Begini Cara Membersihkan Karburator Motor agar Awet

Tidak Harus ke Bengkel, Begini Cara Membersihkan Karburator Motor agar Awet

Tidak Harus ke Bengkel, Begini Cara Membersihkan Karburator Motor agar Awet--

JAKARTA, PAGARALAM POS.COM – Untuk mengatasi karburator motor yang kotor tidak harus ke bengkel, Begini Cara Membersihkan Karburator Motor agar Awet versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.

Tips merawat dan membersihkan karburator pada motor supaya lebih awet

Tips Perawatan Karburator Motor – Di dalam sebuah rangkaian sepeda motor, sudah barang tentu memiliki beragam komponen yang mana masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Di antaranya seperti komponen berupa karburator. Dimana, karburator di sini berperan sangat penting dalam menjaga performa pada sistem pembakaran motor supaya lebih sempurna.
BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan
Tak hanya itu saja, fungsi komponen karburator pada motor ini juga memiliki tugas untuk mengkombinasikan udara dan bahan bakar yang mana nantinya akan disalurkan ke ruang pembakaran.

Nah, mengenai akan pentingnya komponen ini, tentu saja diperlukan perawatan cukup serius pada bagian karburator ini. Salah satunya yakni dengan menjaga kondisi karburator itu sendiri.

Yang mana, tak jarang komponen ini sering mengalami gangguan yang dipicu karena kotoran atau terlalu sering kemasukan air, terutama ketika musim hujan.

Maka dari itu, Anda bagi para pemilik motor berkaburator, harus memahami perawatan sekaligus cara membersihkan karburator motor. Tentu saja, hal ini dilakukan supaya sistem pembakaran pada motor Anda menjadi selalu dalam kondisi prima dan awet.
BACA JUGA:Jangan Ngaku Penggemar Wisata! Kalau Belum Mengunjungi 6 Wisata di Ubud Bali, Salahsatunya Bikin Kaget
Nah, untuk lebih jelasnya, berikut Mas Sena akan bantu mengulas langkah-langkah dalam menerapkan bagaimana cara membersihkan karburator motor dengan cara yang tepat dan mudah dipraktekkan.

Langkah-Langkah Membersihkan Karburator Motor

Untuk membersihkan bagian karburator pada sepeda motor, ada beberapa step atau langkah-langkah yang perlu untuk Anda lakukan. Antara lain adalah sebagaimana yang akan diuraikan pada penjelasan di bawah ini.

 Melepas Karburator dari Posisinya/Dudukan
BACA JUGA:Wow Keren! 15 Destinasi Wisata di Bengkulu Ini Buat Geleng-geleng Kepala, Ada Apa Yah?
Langkah awal yang perlu Anda lakukan yakni melepas karburator motor Anda dari dudukannya.Ini langkah pertama yang perlu Anda lakukan karena pembersihan komponen ini harus dilepaskan dulu dari posisi semula.

Nah, untuk melepasnya, Anda bisa menggunakan alat-alat yang sudah disiapkan sebelumnya. Lakukan secara perlahan sampai semua pengunci (mur atau baut) terlepas kemudian angkat karburator dan taruh di tempat yang kering.

Buka Penutup pada Mangkuk Karburator

Selanjutnya, Anda harus membuka mangkuk karburator dari posisinya. Sampai di sini, coba cek endapan kotoran yang telah terkontaminasi dengan air.
BACA JUGA:Butuh Refreshing? Yuk Kunjungi 7 Destinasi Wisata di Palu
Bila ada kotoran yang menempel, usap dengan kuas yang telah dibasahai bensin. Karena, menggunakan bensin dinilai lebih mudah untuk membersihkan karburator ini.

Jika sudah, bilas kembali dengan bensin sampai benar-benar bersih dari endapan kotoran yang menempel atau lengket.

Bersihkan Pilot Jet

Di dalam proses membersihkan karburator pada sepeda motor, hendaknya Anda juga harus melepas bagian pilot jet untuk dibersihkan.
BACA JUGA:10 Tempat Wisata Favorit di Jakarta, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga
Lepas komponen ini secara perlahan dari posisinya. Kemudian, pastikan bagian lubang atau celah pada komponen ini bersih.

Jika ada kotoran berupa debu dan sejenisnya, tiup bagian celahnya sampai debu keluar. Akan lebih baik bila menggunakan kompresor untuk membersihkan bagian ini.

Namun, hati-hati saat melakukan proses ini. Pastikan semua komponen yang terkait dengan pilot jet ini dalam kondisi yang pas. Artinya, tidak berubah dari posisi semula mengingat yang akan dibersihkan hanya komponen pilot jet nya saja.

Pastikan Main Jet dalam Kondisi Bersih
BACA JUGA:6 Rekomendasi Lokasi Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta
Beralih pada segmen lain, jangan lupa untuk membersihkan main jet karburator. Tentu saja, sebelum dibersihkan, Anda harus melepasnya terlebih dahulu supaya nantinya lebih mudah untuk dibersihkan.

Menginjak pada bagian ini, proses pembersihannya sama halnya pada saat kita membersihkan pilot jet, yakni dengan meniup lubang-lubang dengan menggunakan kompresor.

Pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada setiap celah dari komponen ini. Sehingga, nantinya sistem pembakaran pada ruang mesin bakal jauh lebih optimal dan sempurna.

Bersihkan Bagian Needle Jet
BACA JUGA:Recommended Banget! Ini 10 Tempat Wisata Kuliner Enak di Jakarta yang Paling Favorit
Komponen lain yang perlu untuk Anda bersihkan juga adalah needle jet karburator dari motor Anda.

Lakukan langkah ini setelah beberapa komponen sebelumnya dibersihkan sampai benar-benar tuntas.

Nah, pada komponen needle jet ini, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas yang telah dicelup ke dalam bensin. Usap pada setiap celah dari komponen ini sehingga benar-benar tidak ada debu yang menempel di permukaan maupun celah-celahnya.

Sampai di sini, usahakan juga untuk membersihkan bagian bodi dari karburator itu sendiri. Caranya, Anda bisa menyemprotnya pada bagian lubang, tepatnya pada moncong karburator.
BACA JUGA:Miliki Daya Tarik Wisata Luar Biasa, Ini Destinasi Wisata Purwokerto yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran!
Hal ini sangat perlu dilakukan supaya kondisinya kembali menjadi bersih dari kotoran dan air yang menyumbat. Karena, bila didiamkan saja maka akan memicu masalah, terutama di sektor ruang pembakaran bahan bakar yang jauh dari sempurna.

Keringkan Tanpa Terkena Sinar Matahari Langsung

Bila semuanya sudah dibersihkan dengan sempurna, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan karburator tersebut dengan cara diangin-anginkan saja.

Langkah ini cukup perlu untuk Anda lakukan agar sisa bensin saat digunakan untuk membersihkan tadi mengering sehingga tidak akan mengganggu perjalanan Anda.
BACA JUGA:5 Lokasi Wisata Hutan Pinus di Jogja, Cocok Banget Buat Tempat Camping
Rakit Kembali ke Posisi Semula

Nah, selanjutnya yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan memasang atau merakitnya kembali seluruh elemen perangkat karbu yang sebelumnya telah dilepas satu per satu tadi.

Setelah itu pasangkan ke dudukan tempatnya. Kemudian di lain sisi, jangan sampai lupa untuk melakukan pengaturan atau settingan pada bagian setelan campuran bahan bakar kembali.

Nah, saat merakit atau memasangnya kembali ke posisi semula maka Anda bisa mencobanya untuk menghidupkan mesin motor. Pastikan bahwa mesin motor mudah dihidupkan, baik melalui starter maupun tuas mesin motor.
BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan
Hal ini guna memastikan bahwa sistem di dalam ruang pembakaran masih dalam kondisi yang normal dan tidak ada masalah.

Selalu Rutin Service Berkala

Cara membersihkan karburator motor yang lebih mudah, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi saat melakukan service rutin.

Biasanya, service rutin ini sepaket dengan pembersihkan pada setiap komponen, termasuk di antaranya adalah bagian karburator motor itu sendiri.
BACA JUGA:Jangan Ngaku Penggemar Wisata! Kalau Belum Mengunjungi 6 Wisata di Ubud Bali, Salahsatunya Bikin Kaget
Maka dari itu, jangan ragu untuk bertanya dan memastikan kepada mekanik apakah kondisi karburatornya sudah bersih atau belum.

Cara ini dinilai jauh lebih efektif mengingat yang membersihkan adalah seorang mekanik yang notabene sudah memahami bagaimana langkah tepat dan ukuran yang pas dalam membersihkan komponen karburator pada sepeda motor.

Jika kita meneliti beberapa langkah di atas, tampaknya cara membersihkan karburator motor memang terbilang cukup mudah dan tidak terlalu rumit. Sehingga, tak ada alasan lain untuk tidak menjaga kebersihan komponen ini secara rutin.

Tak hanya sampai di situ saja, bahkan di sisi lain, dengan uraian yang telah Mas Sena jelaskan di atas, sudah barang tentu Anda bisa mempraktekkannya di rumah. Karena, langkahnya cukup simple, mulai dari melepas karburator, bersihkan celah-celahnya termasuk komponen terkait, lalu pasang kembali ke posisi semua. Cukup mudah bukan?. *
BACA JUGA:Wow Keren! 15 Destinasi Wisata di Bengkulu Ini Buat Geleng-geleng Kepala, Ada Apa Yah?
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: