Wajib Kamu Tahu, Begini Cara Merawat Velg Motor Biar Awet

Wajib Kamu Tahu, Begini Cara Merawat Velg Motor Biar Awet

Wajib Kamu Tahu, Begini Cara Merawat Velg Motor Biar Awet--

JAKARTA, PAGARALAM POS.COM – Velg motor kondisinya tetap selalu prima pastinya keinginan semua pengguna motor, inilah cara merawatnya yang wajib kamu tahu biar velg motor selalu awet versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.  

Tips jitu merawat velg motor dengan langkah sederhana namun efektif guna memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara

Di dalam rangkaian motor, tentu ada banyak komponen yang saling terkait antar satu dengan yang lainnya.

Semuanya tak bisa dipisahkan begitu saja dan sama-sama memiliki bobot perawatan sesuai dengan tingkat kevitalannya.
BACA JUGA:5 Lokasi Wisata Hutan Pinus di Jogja, Cocok Banget Buat Tempat Camping
Salah satu yang menjadi perhatian adalah terkait dengan perawatan atau bagaimana cara dalam merawat velg motor itu sendiri.

Bukan tanpa alasan mengingat keberadaan velg motor sendiri memiliki peranan yang sangat penting. Terutama saat motor dijalankan di berbagai medan jalan.

Bila velg rusak maka motor tak akan mampu melaju dengan sempurna meskipun kecepatan mesinnya sudah digeber hingga maksimal.

Tak hanya soal itu saja, velg motor juga mampu menambah daya tarik penampilannya. Yang mana, jika tampak terawat maka motor pun juga bakal lebih enak dilihat.
BACA JUGA:10 Tempat Wisata Kuliner Enak di Jabodetabek yang Paling Favorit
Nah, di sinilah bagi kawan-kawan untuk benar-benar memahami pentingnya merawat komponen velg pada motor yang satu ini.

Lalu, bagaimana sih cara perawatannya yang tepat dan benar? Apakah sulit?

Tak perlu panjang lebar, mari kita simak saja ulasan lengkap terkait dengan bagaimana cara merawat velg motor dengan langkah sederhana yang bisa Anda coba secara mandiri di rumah.

Tips Perawatan Velg Motor
BACA JUGA:10 Referensi Tempat Wisata di Jabodetabek, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga
Sebagai komponen yang berkaitan dengan ban, velg pada motor menjadi salah satu bagian yang meski tidak terlalu vital namun penting untuk mendapatkan perawatan. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya.

Rutin Dibersihkan dan Dicuci

Hal pertama yang paling sederhana namun sering disepelekan banyak orang dalam merawat velg motor adalah jarang memperhatikan kebersihannya.

Padahal, bagian ini sangat rentan dan paling sering kotor karena kontak langsung dengan medan jalan yang banyak kotoran.
BACA JUGA:Berwisata Religi ke Masjid Taqwa
Apalagi, jika kondisi velg pada motor yang digunakan masih model jari-jari, seperti beberapa model yang berbahan besi.

Tentu saja, Anda harus benar-benar bisa menjaga kebersihannya. Bukan tanpa sebab mengingat model velg jari-jari seperti itu akan lebih berpotensi terkena kotoran yang terjebak di bagian lubang jari-jari.

Bila kondisi ini dibiarkan saja maka akan sangat mungkin nantinya bakal menimbulkan korosi bila tak segera dibersihkan.

Bahkan, bila ada indikasi korosi dan dibiarkan saja maka sangat berpotensi sekali memicu bagian ban dalam mengalami kebocoran yang mana disebabkan oleh kandungan garam besi efek dari korosi.
BACA JUGA:Pas Banget Buat Liburan Akhir Pekan, 5 Tempat wisata di Tangerang yang Hits dan Populer
Tak berbeda dengan velg jari-jari, untuk beberapa motor yang menggunakan velg palang pun juga tak bisa luput dari perhatian.

Sebab, bila banyak kotoran yang dibiarkan pada model velg talang seperti ini, sangat berpotensi sekali kotoran atau bahkan lumpur saat musim hujan masuk ke bagian sela bearing.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan sekali bagi Anda untuk rutin membersihkannya. Cukup dengan dilap atau disikat saja pada beberapa bagian sela-selanya. Atau, kalau perlu dibersihkan dengan menggunakan air dan keringkan dengan kanebo untuk hasil maksimal.

Hindari Jalan Berlubang
BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat yang Paling Mempesona
Di sisi lain, perawatan terbaik untuk velg motor Anda adalah dengan selalu berhati-hati dalam berkendara. Terutama saat melewati jalan yang banyak lubangnya.

Usahakan untuk menghindari lubang pada jalan saat berkendara. Karena, bila kondisi ini dibiarkan maka akan berdampak pada kerusakan di bagian velg itu sendiri.

Dimana, potensi kerusakannya kemungkinan berupa bengkoknya velg sehingga tidak lagi presisi. Selanjutnya, bila sudah bengkok maka karet ban pelapisnya pun akan mudah mengalami kebocoran karena ada sela keluar angin pada bagian velg yang mengalami bengkok tersebut.

Bila sudah terlanjur, jangan ragu untuk memperbaikinya ke bengkel khusus press velg. Agar, velg bisa kembali presisi seperti sedia kala.
BACA JUGA:Cocok Untuk Liburan Lebaran! Ini 7 Wisata di Ciamis
Langkah sederhana ini tentu menjadi tindakan preventif agar velg motor tidak mudah mengalami bengkok saat digunakan di medan jalan yang banyak lubangnya atau bergeronjal.

Atur dan Setel Velg secara Berkala

Perlu sekali untuk teman-teman pahami dan ketahui bahwa pengaturan ulang velg motor secara berkala juga termasuk dalam proses perawatan velg motor yang penting untuk rutin dilakukan.

Penyetelan seperti ini sangat wajib dilakukan, khususnya untuk motor dengan model velg jari-jari. Sebab, batang-batang metal pada velg jari-jari tersebut berperan sebagai penopang yang sangat berpotensi sekali mengalami ketegangan yang merupakan akibat dari penggunaan motor.
BACA JUGA:7 Wisata Tasikmalaya yang Keren, Cocok Isi Liburan Bersama Keluarga
Maka dari itu, sangat diperlukan sekali mengatur ulang bagian jari-jari pada vel motor guna mengembalikan kembali posisi jari-jari pada velg yang mungkin saja mengalami perubahan posisi.

Anda bisa melakukan penyetelan velg seperti ini dalam kurun waktu paling tidak 6 bulan sekali.

Atau, paling tidak setel velg ini dilakukan ketika motor terasa sepeleng atau tidak seimbang saat digunakan. Jika kondisi ini terjadi maka segera ganti dengan yang jauh lebih baru dan tentunya original.

Gunakan Velg Original Rekomendasi Pabrik
BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Garut 2023 Paling Favorit dan Wajib Dikunjungi Libur Lebaran
Kemudian dalam soal lain, perawatan yang perlu dilakukan pun juga melingkupi tindakan pencegahan kerusakan.

Salah satunya yakni dengan menggunakan tipe atau merk berkualitas unggul yang original sesuai rekomendasi dari pabrik.

Kenapa demikian? Tentu, velg rekomendasi pabrik sudah disesuaikan dengan standar pada motor itu. Sehingga, potensi mengalami kerusakan pun akan bisa menurun secara drastis.

Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali untuk menggunakan model atau merk velg yang mana memang benar-benar dari merk yang terpercaya serta memiliki kredibilitas tinggi pada setiap produknya.
BACA JUGA:15 Tempat Wisata di Sukabumi yang Indah, Cocok Buat Isi Libur Lebaran
Hindari menggunakan velg motor abal-abal. Sebab, meskipun harganya murah namun justru jauh lebih berpotensi mengalami kerusakan yang parah bila digunakan untuk motor Anda.

So, sangat disarankan selalu untuk menggunalan velg motor orisinil rekomendasi pabrik sebagai tindakan preventif guna meminimalisir kerusakan.

Lebih Baik Gunakan Velg Palang

Lalu, untuk menjaga agar perawatan lebih mudah, Anda bisa mengganti velg motor bawaan jari-jari dengan velg palang.
BACA JUGA:Bunga Sakura Ada di Jawa Barat? Cek 7 Rekomendasi Wisata Cianjur
Tindakan ini selain mempermudah pemeliharaan juga akan membuat velg lebih awet dan tahan lama.

Karena, jika menggunakan velg talang dimungkinkan akan lebih kokoh dibanding dengan menggunakan velg berjeruji bahan metal yang rentan terhadap kondisi berbagai kontur medan jalan.

Sehingga, akan lebih disarankan sekali untuk menggunakan velg talang. Tentu, velg talang yang digunakan pun juga yang original agar nantinya ke depan menjadi lebih awet dan tak gampang mengalami kerusakan.

Dari berbagai langkah terpacu terkait dengan perawatan velg pada motor di atas, tentu semua itu berkenaan erat dengan tindakan preventif yang sudah barang tentu jauh lebih efektif dalam menjaga keawetannya.
BACA JUGA:Mau Liburan Lebaran? Ini 10 Rekomendasi Wisata Majalengka
Di satu sisi, perawatan di atas juga dinilai jauh lebih mudah sebagai upaya untuk meminimalisir gejala kerusakan substantif pada velg motor. Dengan demikian maka velg motor pun selain awet juga akan tampak lebih terawat dan bersih. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: