Waspada, 5 Penyakit yang Kerap Terjadi Setelah Lebaran

Waspada, 5 Penyakit yang Kerap Terjadi Setelah Lebaran

Waspada, 5 Penyakit yang Kerap Terjadi Setelah Lebara-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Pada hari raya Idulfitri, kita kerap mengonsumsi makanan-makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi, mulai dari rendang, opor ayam, hingga kue kering. Sayangnya, berbagai makanan tersebut berpotensi menimbulkan penyakit setelah lebaran jika dikonsumsi secara berlebihan. 

1. Diare

Anda dapat dikatakan diare bila mengalami buang air besar sebanyak lebih dari tiga kali dalam sehari  dengan konsistensi feses yang cair.

Penyebab penyakit setelah lebaran ini dapat disebabkan konsumsi makanan pedas dan berlemak, minum soda, hingga alergi.

Tidak mencuci tangan saat sebelum makan atau mengonsumsi makanan yang terkontaminasi juga bisa memicu diare.

BACA JUGA:Tips Memilih Laptop yang Bagus untuk Mahasiswa

2. Kolesterol tinggi

Saking nikmatnya makanan yang dihidangkan di hari Idufitri, sebagian orang lupa bahwa banyak yang mengandung kolesterol tinggi. 

Sebenarnya, kolesterol adalah salah satu unsur penting yang bisa membantu proses pembangunan sel-sel baru hingga menghasilkan vitamin D. 

Akan tetapi, kadar kolesterol dalam tubuh yang berlebihan dapat memicu beberapa penyakit, seperti stroke dan penyakit jantung. 

3. Diabetes

Kue kering dan minuman sirup mengandung kadar gula tinggi sehingga berpotensi menimbulkan diabetes apabila dikonsumsi secara berlebihan. 

BACA JUGA:7 Street Food Paling Unik dari Berbagai Negara di Dunia

Diabetes adalah penyakit yang menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau menggunakan insulin sebagaimana mestinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: