Wajib Dikunjungi! 6 Tempat Wisata di Jakarta Barat

Wajib Dikunjungi! 6 Tempat Wisata di Jakarta Barat

Wajib Dikunjungi! 6 Tempat Wisata di Jakarta Barat --

JAKARTA,PAGARALAMPOS.COM - Apabila kamu tinggal di Jakarta Barat, kamu mungkin mengenal area ini sebagai area pemukiman penduduk yang padat yang memiliki berbagai universitas dan perkantoran.

Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak tempat wisata di Jakarta Barat yang menarik?

Selain memiliki tempat yang menarik seperti kuliner dan mall untuk dikunjungi, kawasan ini juga memiliki beragam objek wisata menarik seperti gedung-gedung peninggalan Belanda yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya berupa museum bersejarah dan taman kota, kamu juga bisa menikmati pilihan taman kota dan wahana air populer yang hanya ada di Jakarta Barat.

BACA JUGA:Kapolres Tinjau Jalur Wisata Persiapan Ops Ketupat Musi 2023

Yuk, ajak keluarga besar ataupun teman-temanmu untuk liburan singkat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Jakarta Barat yang bisa kamu kunjungi di saat weekend ataupun di hari libur nanti. Yuk, cek ulasan lengkapnya di sini!

Wisata Budaya di Jakarta Barat

1. Kawasan Kota Tua

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Kuliner Malam Jakarta, Food Street PIK 2 Paling Ramai!

Banyak yang belum tahu kalau kawasan Kota Tua mencakup beberapa wilayah di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kawasan yang dulunya merupakan pusat perdagangan di Asia pada abad ke-16 ini sekarang menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Jakarta Barat yang memiliki suasana khas.

Kamu dapat menemukan berbagai bangunan peninggalan Belanda yang masih asli dan belum mengalami perubahan di kawasan ini.

Untuk melengkapi keseruan saat berkunjung ke Kota Tua, kamu bisa menyewa sepeda onthel untuk berkeliling Kota Tua sambil berfoto-foto. Setelah itu, kamu bisa beristirahat dengan menyantap sajian lezat dari Cafe Batavia.

Karena terkenal dengan keindahan arsitektur bangunannya, kawasan Kota Tua bisa kamu jadikan sebagai objek fotografi, lho. Nggak heran, kamu bisa menemukan banyak wisatawan yang berfoto di kawasan ini saat akhir pekan ataupun di hari libur.berfoto di kawasan ini saat akhir pekan ataupun di hari libur.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Kuliner Malam Jakarta, Food Street PIK 2 Paling Ramai!

Pernahkah kamu merasa penasaran dengan sejarah perekonomian di Indonesia? Atau mungkin kamu ingin tahu bentuk-bentuk uang logam dan uang kertas yang pernah ada di Indonesia dari masa ke masa? Kamu dapat menemukan jawabannya dengan berkunjung ke Museum Bank Indonesia.

Awalnya, bangunan ini berfungsi sebagai gedung Bank Indonesia Kota atau dikenal sebagai De Javasche Bank selama masa penjajahan Belanda.

Setelah kemerdekaan Indonesia, gedung ini dianggap sebagai bangunan bersejarah, maka Bank Indonesia akhirnya dipindahkan dan bangunan ini diabadikan sebagai museum.

Apabila kamu berminat untuk mengunjungi bangunan ini, pastikan kamu tidak mengunjungi pada Hari Senin atau Hari Libur karena mereka tidak beroperasional pada hari-hari tersebut.

BACA JUGA:Warga Jakarta Wajib Tau! Ini 5 Tempat Wisata Kuliner Malam

2. Petak Enam

Salah satu kawasan bersejarah yang ada di Jakarta Barat ialah Glodok. Kamu bisa melihat berbagai kebudayaan Tionghoa di Glodok, mulai dari kuliner hingga pakaian. Nah, baru-baru ini kawasan Glodok mulai mencuat dan didatangi oleh para wisatawan, tepatnya di Petak Enam Chandra. Dulunya gedung ini merupakan pusat perbelanjaan. Saat ini, gedung Petak Enam pun masih beroperasi. Namun, dengan wajah yang lebih fresh dan kekinian tanpa menghilangkan ornamen Tionghoa pada bangunannya.

Di Petak Enam, kamu bisa berwisata kuliner dengan menjajal berbagai jenis makanan. Beberapa di antaranya merupakan makanan legendaris yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Salah satu yang paling legendaris dan menjadi incaran banyak orang ialah Kuotie Shantung Ling. Letaknya berada di dekat tangga ikonik Petak Enam. Street food satu ini menyajikan kuotie dengan cita rasa garing di luar dan lembut di dalam.

Bagi kamu yang ingin berkunjung menjelajahi Petak Enam, tidak ada tiket masuk atau tiket khusus yang akan dikenakan. Sudah siap menelusuri keunikan petak enam weekend ini?

BACA JUGA:Mau Uji Nyali? Cobain 10 Tempat Wisata Angker di Semarang yang Bikin Merinding

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Kalau berwisata ke area Kota Tua atau Museum Fatahillah, kamu bisa sekalian nih mengunjungi Museum Seni Rupa dan Keramik.

Masih berada di kawasan yang sama, tempat bersejarah ini menampilkan berbagai koleksi lukisan, patung, sketsa, serta keramik. Setidaknya terdapat 500-an karya seni yang ada di Museum Seni Rupa dan Keramik.

Kamu bisa menemukan lukisan-lukisan keren nan bersejarah. Salah satunya ada milik Raden Saleh, loh!

Di samping menikmati karya, di Museum Seni Rupa dan Keramik ini kamu bisa mengikuti workshop membuat gerabah. Melalui workshop tersebut kamu tentu akan belajar cara bagaimana membuat gerabah dari tanah liat.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Akan Bikin Kamu Ingin Traveling

Nah, untuk mengikuti workshop ini, kamu perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp50.000 di luar tiket masuk Museum Seni Rupa dan Keramik. Sangat seru bukan menambah pengalaman baru?

4. Museum Macan

Pecinta seni kontemporer pasti akan menyukai tempat ini. Yap. Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara) memamerkan berbagai karya seni modern dan kontemporer baik dari Tanah hingga Internasional.

Salah satu pameran terpopuler yang pernah ada di Museum MACAN milik Yayoi Kusama dengan instalasi yang cukup populer, yakni Infinity Mirorred Room.

Instalasi karya seni yang ada di Museum Macan akan terus berganti setiap beberapa bulan sekali. Dengan begitu, kamu bisa melihat karya dari seniman berbeda setiap tahunnya.

BACA JUGA: Pantai Pangubayan Bengkulu, Wisata Laut Wajib Masuk List Liburan Akhir Pekan!

Pada November mendatang ini, Museum Macan akan memamerkan instalasi karya dari Chihari Shihota berjudul The Souls Trembles.

Karya instalasi ini akan berisi ekspresi-ekspresi yang tidak terlihat, seperti kekhawatiran, memori, mimpi, keheningan, dan lainnya. Instalasi ditampilkan dalam karya dari Chihari Shihota berupa, karya patung, rekaman video performance, fotografi, gambar, dan lainnya.

Kamu bisa banget mulai membuat planning untuk datang ke Museum Macan dan menikmati karya Chihari Shihota bulan November nanti.

5. Museum Wayang

BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Blitar Terbaru dan Terhits Dikunjungi

Terletak di kawasan Kota Tua, Museum Wayang menjadi salah satu museum bersejarah yang paling populer dan wajib kamu kunjungi.

Kamu bisa belajar banyak hal tentang seni tradisional wayang yang hingga kini masih sangat dilestarikan oleh masyarakat Indonesia.

Di dalamnya terdapat lebih dari 4000 koleksi wayang dengan berbagai karakteristik, mulai dari wayang rumput, wayang golek, wayang janur, wayang topeng, wayang orang, hingga gamelan.

Museum Wayang terdiri dari dua lantai yang terpisah menjadi dua bangunan. Pada bangunan pertama, kamu akan menemukan aneka macam patung, di antaranya patung Hanuman, Bima, Rama dan Laksmana.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Akan Bikin Kamu Ingin Traveling

Sementara koleksi wayang dari berbagai daerah dihadirkan pada bangunan di sebelahnya. Kamu juga bisa membeli cenderamata yang tersedia di sini sekaligus melihat pertunjukan wayang yang biasanya diadakan setiap hari Minggu.

5. Dancing Goat Coffee Co

Menurut pecinta kopi, cafe yang satu ini memiliki menu kopi yang luar biasa lezat, sampai-sampai menu kopi mereka terkenal seantero Jakarta. Makanya, kalau kamu sedang mencari tempat wisata di Jakarta Barat yang memiliki menu kopi lezat, inilah tempat yang tepat.

Selain memiliki kopi yang lezat, cafe ini juga memiliki tempat yang nyaman dengan suasana cozy, membuat cafe ini menjadi pilihan yang cocok untuk dijadikan sebagai pilihan untuk tempat mengerjakan tugas, bekerja, atau untuk melakukan meeting dengan klien.

BACA JUGA: Air Terjun ini Menjadi Wisata Pilihan Di Kabupaten Dompu!

6. Papa & Mama Bistro Coffe

Cafe ini merupakan salah satu tempat nongkrong paling nyaman yang bisa kamu temukan di Jakarta Barat. Area tempat duduknya yang luas menjadikan cafe ini tempat yang cocok untuk bekerja, mengerjakan tugas kampus, atau untuk meeting online.

Papa & Mama Bistro Coffee juga memiliki banyak menu makanan yang menggugah selera, contohnya seperti menu dessert mereka yang selalu menjadi favorit pelanggan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan kalau kamu berlama-lama di cafe ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: