5 Tradisi Pernikahan Unik yang Hanya Ada di indonesia

5 Tradisi Pernikahan Unik yang Hanya Ada di indonesia

5 Tradisi Pernikahan Unik yang Hanya Ada di indonesia -Foto: Ist-

3. Menculik pengantin wanita di Lombok

Salah satu tradisi pernikahan unik yang dilakukan suku Sasak yang ada di Lombok. Walaupun tradisi ini dilakukan dengan menculik calon pengantin wanita, tentu saja ada aturan khusus dan tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Setelah diculik, sang gadis diungsikan sementara di rumah dari kerabat sang pria.

Setelah mengetahui anak gadisnya yang tidak pulang ke rumah, orang tuanya biasanya melaporkan kejadian tersebut pada kepala daerah setempat. Setelah itu, calon pengantin pria akan datang bersama keluarganya ke rumah orang tua sang gadis untuk memberitahukan anak gadisnya telah melakukan “kawin lari”.

Bila dari kedua belah pihak telah setuju dengan pernikahan tersebut, maka akan dibahas tentang upacara pernikahan secara lebih detail.

BACA JUGA:5 Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

4. Pingitan jelang pernikahan di Jawa Tengah

Di Jawa Tengah, menjelang hari pernikahan, biasanya pasangan yang akan melangsungkan prosesi pernikahan dengan adat jawa akan melakukan tradisi pingitan untuk calon mempelai wanita. Pingitan adalah tradisi yang dilakukan dengan melarang calon pengantin wanita bepergian ke luar rumah dalam jangka waktu tertentu sebelum hari pernikahan yang biasanya diawali dengan sederet ritual tertentu.

Hingga sekarang masih banyak pasangan yang melakukan tradisi ini, karena percaya bahwa manfaat dari tradisi ini bukan hanya sekadar mitos tetapi memang memiliki banyak manfaat. Salah satu alasan tradisi ini masih berjalan adalah untuk mempersiapkan calon pengantin wanita agar siap menjalani serangkaian prosesi yang harus dilakukan saat melangsungkan acara pernikahan.

Selain itu, pingitan juga dilakukan supaya calon pengantin wanitanya akan merasa rindu dengan calon mempelai laki-laki dan dapat terhindar dari bahaya.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Merk Sepatu Pria Terkenal, Serta Cara Merawatnya

5. Kromojati di Yogyakarta

Sementara itu, di Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat tradisi kromojati. Walaupun di Yogyakarta masih ada yang melakukan juga tradisi pingitan seperti di Jawa Tengah, tetapi baru-baru ini diketahui ada sebuah “syarat” unik, yang harus dipenuhi calon pengantin sebelum melangsungkan upacara pernikahan khususnya untuk penduduk di Gunungkidul.

“Syarat” unik yang harus dipenuhi tersebut adalah menanam 5 pohon jati di beberapa daerah di Gunungkidul. Latar belakang yang membuat tradisi ini ditetapkan oleh pemimpin daerah setempat adalah makin sedikitnya kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam yang mengakibatkan berkurangnya lahan hijau di daerah setempat.5 Tradisi Pernikahan Unik yang Hanya Ada di indonesia(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: