8 Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Masuk List Liburanmu

8 Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Masuk List Liburanmu

8 Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Masuk List Liburanmu--

SALATIGA,PAGARALAMPOS.COM - Dikenal sebagai salah satu provinsi terpadat di Indonesia, Jawa Tengah menyimpan harta karun berupa destinasi wisata yang mengagumkan. Meski bukan kota besar, bukan berarti Salatiga tidak mampu menonjol dibandingkan dengan kota-kota wisata lainnya. 

Berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang, Salatiga memiliki destinasi wisata yang potensial banget. Supaya ada gambaran, berikut beberapa tempat wisata di Salatiga yang wajib dan bisa kamu kunjungi selama berlibur dikota tersebut.

1. Pendakian Gunung Merbabu
 
Kalau suka mendaki, Gunung Merbabu bisa jadi pilihanmu. Pemandangan dari atas puncak salah satu gunung terindah di Indonesia akan membuatmu terpana. Dari puncaknya, kamu bisa menikmati keindahan Kota Salatiga, Danau Rawa Pening, bahkan Kota Semarang.
 
BACA JUGA:Sejarah Nama Kota Pontianak, Ada Cerita Mistis di Baliknya

Sebelum mendaki, siapkan stamina yang benar-benar fit, karena gunung dengan ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut ini memiliki medan yang tidak mudah. Namun, pemandangan di atas puncak bakal membayar lunas perjuanganmu.

Lokasi: Jawa Tengah, Indonesia.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: WNI Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp7.500 untuk akhir pekan, sedangkan WNA Rp150 ribu untuk hari biasa dan Rp225 ribu untuk akhir pekan.
 
 
2. Taman Wisata Kopeng
 
Wisata Kopeng berada di lereng Gunung Merbabu. Meski tidak sepenuhnya berada di Salatiga, tempat wisata ini berjarak delapan kilometer dari Salatiga. Kopeng merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan hutan pinus dengan udara yang sejuk.

Di Kopeng, kamu bisa menikmati berbagai jenis bunga cantik dan membelinya. Tak hanya itu, bisa juga dijadikan lokasi outbound dan kemah bersama teman-teman. Asyik lagi kalau kamu menjelajah pedesaan dan hutan pinus dengan menunggang kuda.

Lokasi: Jalan Raya Salatiga – Magelang KM 15, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
 
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Medan Populer dan Hits

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.30 WIB

Harga: Rp10 ribu

3. Agrowisata Salib Putih
 
Jika kamu menginginkan hawa udara yang sejuk dan masih asri, Agrowisata Salib Putih bisa jadi jawabannya. Berada di dataran tinggi, tempat wisata ini sangat cocok jadi tempat berkemah, karena ada camping ground yang cukup luas.
 
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Medan Populer dan Hits

Agrowisata Salib Putih merupakan ecopark hotel yang dilengkapi berbagai fasilitas, seperti taman bermain, perkebunan, hingga tempat outbound.

Lokasinya pun sangat strategis. Jarak dari Agrowisata Salib Putih menuju Kopeng hanya empat kilometer.

Lokasi: Desa Salib Putih, Salatiga, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.
 
BACA JUGA:Sudah Cair! Ini Cara Cek Penerima BLT Anak Sekolah

Harga: Gratis kalau hanya masuk. Paket berkemah Rp120 ribu untuk 50 orang. Paket outbound seharga Rp85 ribu hingga Rp825 ribu.

4. Bukit Cinta
 
Lokasinya berdekatan dengan Rawa Pening, sehingga cukup strategis dengan tempat wisata lainnya. Suasananya sejuk dengan pemandangan menawan.

Bukit Cinta terdiri dari sebuah taman yang cocok untuk bersantai atau piknik. Terdapat beberapa arena bermain seperti seluncuran, ayunan, dan lainnya. Cocok buat liburan bareng keluarga, apalagi anak-anak.
 
BACA JUGA:Simak! Jadwal Lengkap Gerhana Matahari 2023 di Seluruh Indonesia

Lokasi: Salatiga-Ambarawa, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB.

Harga: Rp6.000 untuk hari biasa dan Rp7.500 saat akhir pekan.

5. Tlogo Plantation
 
 
Tlogo Plantation yang berada di Tuntang, Salatiga, ini merupakan kawasan wisata terpadu. Selain liburan asyik, kamu juga bisa menambah ilmu di perkebunan kopi setempat. Kalau membawa serta anak-anak, ikutlah kegiatan berkebun. Edukatif dan seru banget!

Ada beberapa resor dengan pemandangan alam indah buat referensi menginap. Terdapat 22 cottage dan 15 kamar superior yang bisa kamu pilih untuk melepas lelah.

Lokasi: Jalan Raya Tuntang-Beringin KM 2, Ngelerak, Delik, Tuntang, Salatiga, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.
 
 
6. Danau Rawa Pening
 
Danau Rawa Pening dipercaya berasal dari sebatang lidi yang ditarik dari tanah, kemudian mengeluarkan air dan menenggelamkan sebuah desa. Terlepas dari itu semua, keindahan alam Danau Rawa Pening memang sangat memesona.

Kamu bisa menjelajahi danau dengan menyewa sampan. Danau yang dikelilingi perbukitan ini bisa jadi latar foto yang kece. Kalau sudah lelah menjelajah, kamu bisa mengisi energi dengan menikmati kuliner khas Salatiga yang disajikan warung di pinggir danau.

Lokasi: Jalan Lingkar Selatan KM 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
 
BACA JUGA:7 Tempat Wisata Medan Populer dan Hits

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-21.00 WIB.

Harga: Rp3.000 saat hari biasa dan Rp3.500 di akhir pekan.
 
7. Arrowhead Park
 
Lokasinya berada di tengah pedesaan, lebih tepatnya di Desa Tegal Waton. Pemandangan alam desanya masih asri, hijau, dan rindang.
 
BACA JUGA:BLT Anak Sekolah Cair Rp 4,4 Juta

Berkeliling desa dengan berkuda jadi kegiatan paling seru di sini. Bahkan, tersedia paket untuk sekolah berkuda. Arrowhead Part sangat cocok menjadi tempat wisata bareng keluarga.

Lokasi: Desa Tegalwaton, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Salatiga.

Jam operasional: Selasa hingga Minggu, 07.00-12.00 dan 15.00-17.00 WIB

Harga: Rp5.000
 

8. Atlantic Dreamland
 
Beberapa wahana seru yang bisa dinikmati antara lain kolam renang, water toys, waterboom, water ball, jet coaster, carousel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau akhir pekan, Atlantic Dreamland akan sangat ramai pengunjung yang mayoritas adalah anak-anak.

Lokasi: Jalan Soekarno-Hatta, Isep-isep, Salatiga.

Jam operasional: Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB, sedangkan Sabtu-Minggu pukul 08.30-17.30 WIB.

Harga: Rp40 ribu*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: