5 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

5 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

5 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Berkendara mobil yang aman saat hujan, sungguh perlu kita lakukan. Pasalnya itulah cara agar kita selamat sampai tujuan. Tentu kamu tidak mau ada masalah di perjalanan bukan?

Sebenarnya mau musim hujan atau bukan, kita perlu berkendara mobil dengan aman. Bedanya kalau nyetir mobil saat hujan, kita wajib pasang tingkat kewaspadaan ekstra. 

Di samping itu, hujan juga membuat pandangan berkendara tidak terlalu luas. Apalagi naik mobil saat malam hari dan hujan. visibilitas ke jalan pastinya berkurang drastis.

Supaya meminimalkan potensi kecelakaan, kamu bisa melakukan beberapa tips berkendara aman saat musim hujan 

BACA JUGA:Catat! Ini 8 Rekomendasi Mobil Listrik untuk Keluarga di 2023

1. Periksa kondisi tekanan udara dalam ban

Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan Sahabat melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

Sebagai tindakan preventif, periksa kondisi ban Sahabat seminggu sekali.

2. Periksa kondisi utama komponen kendaraan 

Periksa kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik atau tidak.  Berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

 

BACA JUGA:Mobil Anda Berbau Tak Sedap, Ini 7 Cara Mengatasinya!

3. Periksa semua lampu kendaraan

Jangan lupa periksa semua lampu kendaraan, apakah semua lampu dapat berfungsi dengan baik. Lampu tersebut bermanfaat membantu Sahabat melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik. Hal ini akan membantu pengendara lain melihat kendaraan Sahabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: