6 Masjid di Sumsel Yang Wajib Dikunjungi Saat Ramadhan

6 Masjid di Sumsel Yang Wajib Dikunjungi Saat Ramadhan

6 Masjid di Sumsel Yang Wajib Dikunjungi Saat Ramadhan--

PAGARALAMPOS.COM - Pulau Sumatera dikenal dengan mayoritas muslim yang taat, tidak terkecuali Provinsi Sumatera Selatan. Maka tidak heran jika banyak masjid bersejarah di provinsi ini. Desain arsitektur dari masjid-masjid berusia tua ini cukup menarik. Bangunan yang tergolong modern pun mempunyai fasad yang megah.

Berikut beberapa masjid yang bisa menjadi destinasi wisata religi di provinsi Sumatera Selatan.

 

1. Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid yang lebih dikenal dengan nama Masjid Sriwijaya ini mempunyai kapasitas 600 jamaah. Bentuk fisiknya terlihat mencolok karena mempunyai desain arsitektur unik yang mengadopsi kebudayaan Tionghoa.

Masjid dengan luas 5 ribu meter persegi ini didominasi warna merah muda, merah dan hijau. Terdapat dua menara seperti pagoda yang diberi nama habluminallah dan habluminannas. Menara ini mempunyai 5 tingkat yang melambangkan kewajiban salat 5 waktu.

BACA JUGA:6 Tempat Bersejarah di Palembang yang Wajib Dikunjungi

2. Masjid Agung Palembang

Masjid terbesar di Palembang ini didirikan pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I. Masjid ini dirancang oleh arsitek dari Eropa dengan memadukan arsitektur Indonesia, Eropa, dan Cina.

Berbeda dengan masjid umumnya yang menggunakan kubah, atap masjid ini berbentuk limas dengan ornamen emas seperti di klenteng. Sementara di bagian teras masjid, terdapat pilar-pilar besar seperti bangunan kolonial berarsitektur Eropa. Masjid ini dapat menampung hingga 15 ribu jamaah dan menjadi landmark Kota Palembang.

 

3. Masjid Suro Palembang

Dikenal juga dengan nama Masjid Besar Al-Mahmudiyah, merupakan salah satu masjid tertua di Palembang. Usianya diperkirakan sudah lebih dari satu abad. Pada masa penjajahan Belanda, masjid ini pernah ditutup selama kurang lebih 36 tahun.

Banyak benda-benda dari awal berdiri yang masih dipertahankan dari masjid yang berkapasitas seribu orang ini. Di antaranya kolam untuk berwudu, sokoguru penyangga masjid, beduk, dan mimbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: