Jaga Tradisi, Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan Kerja Bakti

Jaga Tradisi, Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan Kerja Bakti

Foto : dok/Pagaralampos.com JAGA : Tampak antusias masyarakat Temu Karya kerja bakti sambut bulan suci Ramadhan.--Devi

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari banyak tradisi yang dilakukan masyarakat untuk menyambut bulan penuh berkah ini.

Seperti yang tampak terlihat puluhan warga Dusun Temukarya Kelurahan Padang Temu  Kecamatan Dempo Tengah yang antusias membersihkan makam dusun, juga jalan utama penghubung menuju ke Kelurahan Jokoh dan Candi Jaya.

Lurah Padang Temu Anggreidi Troy Renaldo  menuturkan kerja bakti yang dilaksanakan ini memang sudah jadi tradisi masyarakat dusun di wilayah ini.

"Warga nampak antusias melakukan kerja bakti dan gotong royong jelang bulan puasa, karena jelang puasa banyak pejiarah datang ke makam keluarganya", ujarnya.

BACA JUGA:Terus Galakkan Budaya Gotong royong, Tak Ditemukan Titik Genangan Banjir

"Para warga terlihat membawa berbagai peralatan seperti cangkul dan sabit. Setelah memasuki area makam dusun, mereka seperti sudah mengetahui tugasnya masing-masing dan mulai membersihkan rumput-rumput dan pohon liar di area makam.

Dan tidak hanya  area makam yang dibersihkan karena bisa dipastikan ramai para pejiarah, masyarakat juga membersihkan jalan utama yang menghubungkan kelurahan Padang Temu ke  Kelurahan Jokoh juga Candi jaya", tambahnya.

Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini kita bisa terus mempererat jalinan silaturahmi antar warga dusun dan lebih meningkatkan iman islam kita, Selain memperoleh kemuliaan dalam kehidupan dalam bertetangga, kerja bakti juga suatu bentuk kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial.

Juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan, selain manfaat yang diperoleh secara individual,

BACA JUGA:Tingkatkan Kesadaran, Ajak Masyarakat Tumbuhkan Semangat Gotong Royong

Disisi lain Manfaat sosial lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan sosial bertetangga, silaturahmi, dalam kerja bakti dapat memonitor seseorang, misalnya sedang keluar kota, berhalangan atau sakit.

Dengan demikian warga dapat mengkondisikan, memberi bantuan atau pertolongan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: