Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Pagar Alam Adakan Bimtek

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Pagar Alam Adakan Bimtek

Foto : Reri Alfian/pagaralam.com BIMTEK : Saat Ketua Bawaslu Kota Pagaralam, Edi Budi Ahmadi menyampaikan sambutan di kegiatan Bimtek.--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Guna menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Bawaslu Kota PAGAR ALAM bimtek dengan mengusung tema 'Fasilitasi Sentra Gakkumdu Tahapan Pemuktahiran Data Pemilu dan Penyusunan Daftar Pemilih,' bertempat di Aula Hotel Favour, Selasa 21 Maret 2023.

Kegiatan bimtek tersebut diiukuti oleh Tim Gakkum Kota Pagar Alam, Bawaslu Kota Pagaralam dan Panwaslu Kecamatan.

Ketua Bawaslu Pagaralam, Budi Edi Ahmadi mengatakan, sistem pemilu merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan hasil maupun keberhasilan proses pemilu itu sendiri. "Kita sama-sama ketahui saat ini pemuktahiran data pemilih sudah dilaksanakan, oleh karena itu Bawaslu Provinsi berpesan kepada kita jika ada pendataan yang salah langsung untuk mengawal," bebernya. 

Tambah Edi, dengan adanya tim Gakkum ini nantinya bisa bekerjasama dalam penanganan pelanggaran-pelanggaran pemilu.

BACA JUGA:Rekrut Anggota Panwaslu Tiap Kelurahan

Sementara itu Kapolres Pagaralam, AKBP Erwin Irawan SIK MH melalui Kasat Reskrim, AKP Mursal Mahdi SE, MM mengatakan, sebentar lagi kita akan menghadapi pemilu serentak, untuk sekarang ini beda dengan dulu, kalau dulu tidak serentan dan sekarang serentak. 

"Yang mengikuti kegaiatan ini merupakan ujung tombak dari kesuksesan pemilu serentak.Kita harus bisa memisahkan pelanggaran, baik pelanggaran pidana pemilu atau tidak, karena Undang-undang pemilu ini tersendiri, beda dengan Undang-undang lainya,"bebernya.

"Mari kita bekerjasama dalam menyukseskan pemilu, karena kesuksesan pemilu tergantung pada kita,"tukasnya.

Kejari Pagaralam, Fajar Mufti SH MH menuturkan, salahsatu kualitas dari pelaksana pemilu adalah satu, yaitu validasi data pemilu, karena pemuktahiran pemilu merupakan tahapan yang sentral. "Pintu masuk permasalahan yaitu data pemilu,"katanya.

BACA JUGA:Selesai Tepat Waktu, Begini Respon KPU Soal Tahapan Coklit di Pagar Alam

Pemuktahiran, lanjut Fajar, data sangatlah penting untuk kesuksesan pemilu. Pemuktahiran validasi ini haruslah sangat kuat. 

Didalam lembaga bawaslu panwascam merupakan ujung tombak, keberhasilan pesta demokrasi ada ditangan mereka.

"Jadi kami berharap demi kesuksesan pemilu serentak lakukan tugas dengan sebenar-benarnya," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: