10 Tempat Wisata di Sumatera Selatan yang Wajib Dikunjungi

10  Tempat Wisata di Sumatera Selatan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Sumatera Selatan yang Wajib Dikunjungi--

Air Terjun Lematang Indah berketinggian sekitar 70 meter dan merupakan salah satu obyek wisata alam yang menjadi andalan Kota Pagar Alam.

BACA JUGA:Majukan Pengembangan Objek Wisata Melalui Program Perhutanan Sosial

Letaknya tepat di pinggir jalan menuju Kota Pagar Alam pada tikungan paling tajam dan menanjak membuat tempat wisata ini mudah di akses. Percikan air terjun membuat sejuk  suasana di tambah paronama alam di sekelilingnya yang masih terjaga.

Jalan menuju dasar air terjun sudah disediakan tangga. Dari Kota Pagar Alam tempat wisata ini berjarak 10 km, dengan jalanan beraspal yang cukup halus tetapi banyak tikungan dan berliku-liku. Air Terjun Lematang Indah berlokasi di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam,  Palembang.

6. Arung Jeram Sungai Manna

Sungai Manna memiliki keindahan alam yang mempesonai, sehingga banyak para pengunjung menghabiskan waktu untuk berolahraga dan memacu adrenalinnya. Tempat wisata ini berada di Kecamatan Tanjungsakti.

BACA JUGA:Majukan Pengembangan Objek Wisata Melalui Program Perhutanan Sosial

Bukit Barisan, karena lokasi ini merupakan titik terdekat untuk turun ke sungai. Di tempat ini keadaan sungai cukup lebar dan arusnya cukup menantang bagi mereka penghobi arung jeram.

Sungai ini memiliki tingkat kesulitan berfariasi, keadaan sungai cukup lebar di bagian awal sampai  15 km berikutnya akan menyempit dan arusnya deras bergemuruh. Jalur arung jeram sangat menantang adrenalin berupa patahan ( hole ) dengan dinding batuan padas di pinggirannya. Pada ujungnya membentuk cekungan dengan arus memutar. Sungai Manna ini berkategori kesulitan maksimal grade-IV.

Lokasi start awal Arung Jeram Sungai Manna tersebut bertempat di wilayah Kecamatan Tanjungsakti, Kabupaten Lahat, sekitar 40 km dari Kota Pagaralam.

7. Kawah Tengkurep

BACA JUGA:Indonesia Sukses Berpartisipasi di Bursa Pariwisata Internasional

Jangan salah faham dengan nama tempat wisata ini, dilihat dari namanya bukan semacam tempat wisata seperti danau atau yang lainnya. Tetapi Kawah Tengkurep adalah sebuah kompleks pemakaman yang menjadi salah satu obyek wisata.

Wisatawan yang datang tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak sekolah bahkan mahasiswa pun sering datang ke pemakaman ini.

Selain berziarah, pengunjung sengaja mencari tahu tentang sejarah kesultanan Kota Palembang. Pemberian nama nan unik ini bermula dari bentuk atap bangunan makam yang berbentuk cungkup ( kubah) atau seperti wajan terbalik berwarna hijau. Selain itu nama lainnya adalah kawasan kompleks Makam Lemahbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: