Kondisi Jalan Memprihatinkan, Masyarakat Inisiatif Lakukan Perbaikan

Kondisi Jalan Memprihatinkan, Masyarakat Inisiatif Lakukan Perbaikan

Secara swadaya warga Desa Suka Makmur gotong royong timbun jalan pakai krokos.-Ist-

LAHAT, PAGARALAMPOS.COM - Prihatin dengan kondisi jalan Satuan Permukiman (SP) 3 hingga SP 6, buat warga Desa Makmur, Kecamatan Gumay Talang, Lahat berinsiatif lakukan upaya perbaikan jalan secara swadaya. perbaikan ruas jalan rusak yang kini berlumpur akibat hujan selalu turun ini, dilakukan secara gotong-royong oleh warga setempat, menggunakan material krokos.

Kepala Desa Suka Makmur, Matsa Raharja mengatakan, penimbunan secara swadaya dilakukan bertahap. Diperkirakan ada sebanyak 14 mobil x 4 tahap. Titik-titik jalan yang rusak itu, ditimbun dengan krokos jarak 50-100 meter, agar mempermudah warga melintas saat melewati jalan berlumpur. Penimbunan jalan tersebut, murni sebagai bentuk kepedulian warga terhadap para pengguna jalan.

“Penimbunan jalan ini tidak ada maksud apa-apa, murni kepedulian warga terhadap para pengguna jalan. Apalagi ini bisa jadi bentuk dukungan kita terhadap pemerintah daerah, agar dapat melanjutkan pembangunan jalan cor beton, yang sebelumnya di SP 3 sudah dibangun sepanjang 1,1 kilometer," ujarnya, Jumat 3 Maret 2023.

Dijelaskannya, jalan dengan kondisi terparah berada dari SP 3 hingga SP 6 sepanjang 14 kilometer. Sementara desa-desa tetangga juga fokus melakukan penimbunan jalan rusak seperti dari SP 4 ke SP 2 ataupun dari SP 2 ke SP 3.

"Nanti rencananya bakal ada rapat Forum Palembaja terkait pembahasan jalan ini," katanya.

Sambung Matsa, pihaknya mensuport Pemerintah Daerah dalam kukan upaya perbaikan jalan. Apalagi jalan kabupaten ini merupakan akses penting bagi masyarakat, untuk aktifitas sehari-sehari. Walaupun sudah ada jalan alternatif disamping kantor Kecamatan Gumay Talang.

"Kami berharap pembangunan dari pemerintah daerah terus berlanjut, karena jalan ini penting terutama untuk akses warga setiap hari," sampai Matsa Raharja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: