Percepat Pengembangan Kompetensi, Kemnaker Klaim Telah Membangun 3.757 BLK Periode Tahun 2017-2022

Percepat Pengembangan Kompetensi, Kemnaker Klaim Telah Membangun 3.757 BLK Periode Tahun 2017-2022

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah pada acara peresmian BLK Komunitas Program Pembangunan Tahun 2022 -Tangkapan Layar-kemnaker.go.id

LOMBOK TENGAH, PAGARALAMPOS.COM - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun 3.757 BLK Komunitas (BLKK) periode tahun 2017 s.d 2022.

Hal ini disampaikannya saat memberikan laporan pada acara peresmian BLK Komunitas Program Pembangunan Tahun 2022 dan Festival Kemandirian BLK Komunitas, di Yayasan Ponpes Manhalul Ma`arif Darek, Lombok Tengah, Jum'at, 10 Februari 2023.

Dihadapan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Menaker Ida menyampaikan Sebagai lembaga pelatihan berbasis masyarakat, BLK Komunitas menjadi solusi untuk mengatasi ketertinggalan sumberdaya manusia dan kesenjangan kompetensi warga masyarakat di perdesaan dan wilayah-wilayah pinggiran dengan mempercepat pengembangan kompetensi masyarakat menghadapi pasar kerja yang berubah cepat.

Urgensi dan manfaat BLK Komunitas dalam mengatasi kesenjangan kompetensi itu terbukti nyata, salah satunya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

BACA JUGA:Butuh Banyak Homestay Dalam Porprov XIV Sumsel

Setelah ditetapkannya KEK Mandalika menjadi salah satu destinasi pariwisata superprioritas, maka pasar kerja dan peluang usaha terbuka lebar.

Tetapi masalahnya, pasar kerja dan peluang usaha itu tidak serta-merta menyerap tenaga kerja lokal untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan di kawasan tersebut.

Hal ini terjadi karena masyarakat lokal umumnya belum memiliki kompetensi yang sesuai dengan pasar kerja di hotel-hotel, restoran dan lain-lain.

Kesenjangan inilah yang menyebabkan keberadaan kawasan strategis nasional itu belum dapat menyerap tenaga kerja lokal. Jika hal ini dibiarkan, maka masyarakat lokal akan tereksklusi dalam deru pembangunan kawasan.

BACA JUGA:Sekda Sumsel Terima Pengurus LPSK, Bahas Rencana Kerjasama perlindungan Saksi dan Korban

Dalam situasi seperti itu, BLK Komunitas tampil mengatasi kesenjangan kompetensi tersebut.

Dengan keberadaan BLK Komunitas di kawasan Mandalika, maka anak-anak muda dan warga desa di Kawasan Mandalika dalam mengikuti pelatihan yang sesuai dengan pasar kerja di kawasan. 

"Alhamdulillah, sebagai contoh adalah BLK Komunitas Nurul Islam, dengan kejuruan perhotelan, yang alumninya telah bekerja di Hotel Pullman dan hotel-hotel lain di Kawasan Mandalika ini," ungkap Menaker Ida.

Lebih lanjut, Menaker Ida menyampaikan Kementerian Ketenagakerjaan terus berinovasi mencari cara terbaik, mencari terobosan yang inovatif, baik dalam teknis pelaksanaan pembangunan BLK Komunitas, maupun dalam pengembangan kurikulum pelatihan vokasi yang dapat diimplementasikan di BLK Komunitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: