Sungai Musi di Empat Lawang Akan Terpantau Secara Continue

Sungai Musi di Empat Lawang Akan Terpantau Secara Continue

Sekda Empat Lawang sedang mengecek lahan yang bakal dibangun teknologo Onlimo di kawasan jembatan Musi II Tebing Tinggi-Foto: net-

EMPATLAWANG,PAGARALAMPOS.COM - Tidak akan lama lagi, sungai Musi yang ada di Kabupaten Empat Lawang, akan terpantau secara continue.

Hal ini, dikarenakan tidak akan lama lagi akan dibangunnya teknologi Online Monitoring (Onlimo) di Kabupaten Empat Lawang. Tepatnya didekat jembatan Musi II Tebing Tinggi.

Sementara untuk lahan yang akan didirikan tekhnologi Onlimo, itu milik pribadi keluarga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Irtansi dan segera akan diurus hibah lahannya untuk Pemkab Empat Lawang.

Setelah dihibahkan akan disertipikatkan, dan diserahkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), untuk dibangun lokasi pemasangan tekhnologi Onlimo. 

BACA JUGA:Nekat! Pria Asal Lahat ini Perkosa Sepupu Sendiri yang Sudah Punya Suami

Pengendali Dampak Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Arief Hendratmo mengatakan, tekhnologi Onlimo yang akan dipasang tersebut semacam Stasiun Pemantau.

Tekhnologi Onlimo tersebut akan dipasang dan akan terus memantau kondisi kualitas air Sungai musi secara terus menerus. Nantinya hasil pemantauan akan dipublikasikan langsung ke masyarakat.

"Ini sifatnya online, jadi ini bisa terpantau setiap jam," ungkap Arief kepada wartawan, disela-sela mengecek lokasi lahan yang akan dibangun teknologo Onlimo, di kawasan jembatan Musi II Tebing Tinggi, Kamis (2/2/2023).

Sementara untuk operatornya sendiri, yang akan ditempatkan dilokasi pemasangan teknologi Onlimo adalah kewenangan dari Pemda Empat Lawang.

BACA JUGA:Seleksi Petugas Haji Secara Transparan

"Untuk operasional itu dari KLHK yang bayar dan SK nya KLHK yang mengeluarkan," katanya.

Sementara itu Sekda Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin, menargetkan pengoperasian tekhnologi Onlimo segera di Kabupaten Empat Lawang, pada tahun 2023 ini. Sebab pembanguan teknologi Onlimo tersebut menggunakan anggaran tahun 2023.

"Manfaat dipasangnya alat ini bagi masyarakat, informasi bisa cepat disampaikan, kapan air sungai musi bisa layak kosumsi dan kapan tidak," jelasnya.

Untuk diketahui teknologi onlimo merupakan sistem pemantauan kualitas air secara continue otomatis dan daring (online) berbasis aplikasi, yang terkoneksi ke sistem server Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co