Obat Muntaber yang Ampuh Tersedia di Apotek

Obat Muntaber yang Ampuh Tersedia di Apotek

obat muntaber-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Gejala muntaber seperti demam disertai sakit perut, mual, dan muntah bisa menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). 

Komplikasi paling rentan terjadi pada anak dan lansia.

Oleh karena itulah, Anda tidak boleh menyepelekan kondisi ini. Periksakan diri ke dokter jika Anda curiga mengalami gejala muntaber.

Ada beragam obat muntaber di apotek yang dapat digunakan untuk meredakan gejala muntah dan diare. Namun, penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan, karena dapat memperburuk gejala yang ada atau bahkan meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

BACA JUGA:Mengenal Kelahiran En Caul, Bayi Lahir Masih Terbungkus dalam kantung Ketuban

Muntaber atau gastroenteritis merupakan penyakit peradangan di dinding saluran pencernaan yang paling sering disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit. Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami mual, muntah, dan diare.

Muntaber sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penggunaan obat muntaber kerap digunakan untuk mencegah terjadinya komplikasi tersebut.

Ada beberapa jenis obat muntaber yang tersedia di apotek, yaitu:

1. Bismuth subsalisilat

BACA JUGA:Manfaat Konsumsi Vitamin E untuk Kesahatan Kulit dan Kesuburan

Bismuth subsalisilat merupakan obat yang dapat dibeli di apotek secara bebas untuk mengatasi gejala muntaber, seperti diare dan mual. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat pertumbuhan bakteri di saluran pencernaan dan meningkatkan penyerapan air, sehingga buang air besar (BAB) tidak terlalu cair.

Meski dapat diperoleh tanpa resep dokter, sebaiknya hindari penggunaan obat ini dalam jangka panjang karena dapat menimbulkan efek samping berupa BAB berwarna hitam, telinga berdenging, bahkan diare berkepanjangan.

2. Dimenhydrinate

Meski umumnya digunakan untuk mengobati mual, muntah, dan pusing karena mabuk perjalanan, obat golongan antihistamin ini juga dapat digunakan untuk meredakan mual akibat muntaber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: