Kilas 2023, 13 Madrasah Terbaik di Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Kilas 2023, 13 Madrasah Terbaik di Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Gedung MAN IC Serpong-kemenag.go.id -kemenag.go.id

BACA JUGA:Pemerintah & DPR Sepakati Solusi kilas balik 2022, Saudi Naikkan Anggaran Masya'ir

Semuanya mengalami kenaikan peringkat dibanding tahun 2021, kecuali MAN IC Gorontalo yang turun 10 tingkat.

“Ini tentu menggembirakan. Kualitas madrasah makin nyata dan merata. Para siswa makin kompetitif, dan itu tidak hanya di satu atau dua madrasah, tapi banyak juga madrasah lainnya,” terang Kang Dhani, panggilan akrabnya.

“Bagi kami ini bukan semata prestasi dan keberhasilan, tapi akses yang semakin luas bagi masyarakat untuk mendapat kesempatan belajar di madrasah berkualitas,” sambungnya.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Isom Yusqi, menambahkan, tahun ini adalah kali kedua MAN IC Serpong menjadi yang terbaik nilai rerata UTBK nya. "Tahun 2020, MAN IC Serpong menempati peringkat kedua. Tahun 2021 dan 2022, naik menjadi ranking pertama. Kami berharap tahun depan MAN IC Serpong bisa hat-trick, kembali menjadi yang terbaik," harap Isom.

 

Dari sisi jumlah, Isom juga melihat adanya tren kenaikan jumlah madrasah yang masuk 100 besar rerata hasil UTBK terbaik. Tahun ini ada 13 madrasah, tahun 2021 lima madrasah, dan tahun 2020 hanya empat madrasah. 

Empat madrasah yang konsisten masuk 100 besar dalam tiga tahun terakhir adalah MAN IC Serpong, MAN IC Pekalongan, MAN 2 Kota Malang, dan MAN IC Gorontalo. MAN IC Padang Pariaman masuk 100 besar pada 2021 (ranking 70), dan 2022 (ranking 50).

"Kita sangat bersyukur, tren peringkat hasil UTBK madrasah naik," papar Ishom.

"Ini menjadi indikasi adanya pemerataan kualitas pendidikan madrasah, sekaligus membuka perluasan akses masyarakat terhadap pendidikan madrasah yang bermutu," lanjutnya.

BACA JUGA:Bangkitkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menparekraf : Gekrafs Jadi Garda Terdepan Kebangkitan Ekraf

Isom menambahkan bahwa pihaknya terus berusaha melakukan sejumlah terobosan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah. Apalagi, madrasah sekarang telah menjadi pilihan dan bahkan idaman banyak masyarakat Indonesia. 

"Kendatipun jumlah MIN, MTsN dan MAN sedikit di setiap kabupaten/kota se-Indonesia, bahkan ada yang tidak ada sama sekali. Perluasan dan pemerataan akses terhadap madrasah akan terus ditingkatkan," tandasnya.

“Dulu mungkin orang lebih banyak tahu tentang prestasi MAN IC Serpong. Tapi sekarang, pilihan madrasah berkualitas semakin banyak dan tersebar di sejumlah daerah. Ini tentu capaian yang perlu disyukuri bersama,” tandasnya. *

 kemenag.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag.go.id