Air Bersih Jadi Kebutuhan, Masuk Usulan Prioritas

Air Bersih Jadi Kebutuhan, Masuk Usulan Prioritas

Foto : Dok/pagaralampos.com CEK LOKASI : Lurah Muara Siban Edi Sugianto bersama perwakilan Dinas Perkim Provinsi Sumsel melakukan survei lokasi mata air yang digunakan warga untuk mencukupi beragam kebutuhan masyarakat sehari-hari.--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Masyarakat di Kelurahan Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara masih membutuhkan air bersih.

Hal itu disampaikan pada giat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan.

Air bersih yang dimaksud ialah air yang digunakan untuk mencuci, mandi, dan mengaliri kolam Ikan, sawah, dan kebutuhan lainnya.

Ada dua lokasi yang benar - benar membutuhkan air tersebut. Yakni, Dusun Muara Siban Baru wilayah RW 03, dan Dusun Cawang Lama di RW 04.

BACA JUGA:Cegah Stunting Sejak Dini, Masyarakat di Kelurahan Jangkar Mas Dibekali Pengetahuan

Lurah Muara Siban Edi Sugianto menuturkan, untuk di dua wilayah tersebut kondisi airnya cukup besar, akan tetapi dari sumber mata air tidak mampu mengalirkan air sampai ke Dusun. Dikarenakan irigasinya masih tanah, jadi air tersebut tidak dapat mengalir secara maskimal.

"Masyarakat meminta air yang disalurkan dari mata air ke Dusun menggunakan pipa" kata Edi dibincangi Pagaralampos.com. Rabu, 18 Januari 2023.

Dijelaskan Edi, pada pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan pada Rabu, 18 Januari 2023. Masyarakat telah mengusulkan pipa saluran air bersih di dua wilayah tersebut untuk dimasukkan ke skala prioritas.

"Saluran pipa tersebut sebenarnya sudah ada, akan tetapi belum mampu untuk mengalirkan air sampai ke Dusun, total panjang pipa yang dibutuhkan masing-masing 1 Km," jelasnya.

BACA JUGA:Ciptakan Suasana Aman, Masyarakat Diimbau Aktifkan Kembali Pos Kamling

Untuk di Dusun Cawang Lama, lanjut Edi, telah dilakukan suervei oleh dinas Perkim Provinsi Sumatera Selatan, setelah disurvei maka pegawai Dinas Perkim dari Provinsi Sumatera Selatan menuturkan usulan ini akan di masukan ke Anggaran Biaya Tambahan (ABT) tahun 2023 ini.

"pada Musrenbang tahun 2023 untuk pelaksanaan 2024 masyarakat didua wilayah tersebut kembali mengusulkan akses air bersih tersebut dalam skala prioritas," ungkapnya.

Edi berharap, berbagai usulan yang masuk di usulan masyarakat pada Musrenbang 2023 dan 2024 sapat segera terealisasi.

"Semoga usulan yang masuk dalam skala prioritas tersebut dapat terwujud demi tercapainya permintaan masyarakat dalam kemajuan pembangunan khususnya di wilayah Kelurahan Muara Siban," pungkasnya*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: