Petani dan IKM Binaan PPKP Manfaatkan Peralatan Pascapanen Kopi

Petani dan IKM Binaan PPKP Manfaatkan Peralatan Pascapanen Kopi

Foto: gusti/Pagaralampos.com PASCAPANEN : Petani binaan menerima bantuan peralatan pascapanen yang diserahkan pengurus PPKP belum lama ini.--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Setelah menerima bantuan peralatan pascapanen kopi dari Pemkot Pagar Alam, Perkumpulan Pengusaha Kopi Pagar Alam (PPKP) serahkan kembali kepada petani dan IKM Binaan.

Bantuan berupa mesin roasting, penggilingan biji kopi basah dan kering, alat jemur (terpal) serta peralatan lainnya tersebut diharapkan mampu menghasilkan greeenbin berkualitas atau sesuai dengan permintaan konsumen. 

Ketua PPKP Indra ST didampingi Pengurus Yonie Sugito, jika bantuan peralatan pascapanen memang usulan kelompok yang tujuannya untuk mengoptimalkan proses pengolahan kopi bagi anggota binaan.

“Bantuan peralatan pascapanen tersebut kita terima dari Bapak Walikota Pagaralam lalu kita diserahkan kepada petani dan IKM binaan PPKP,” kata Indra kepada Pagaralampos.com, Rabu, 4 Januari 2023.

BACA JUGA:Kembangkan Perkebunan Kopi Organik di Rempasai

Peralatan tersebut diserahkan kepada 10 petani kopi di Kelurahan Burung Dinang, Roasteri di Perumnas Talang Sawah dan lokasi lainnya.

Atas nama pengurus PPKP, mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Pagaralam dalam hal ini Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disprindagkop) UKM Kota Pagar Alam.

Yang konsent terhadap pelaku atau IKM  kata Indra. Sebab, tak sedikit petani kopi dan IKM butuh penguatan permodalan.

Dengan ada bantuan peralatan ini tentunya sangat membantu proses produksi mulai dari pengolahan biji hingga menjadi kopi bubuk.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Pengolahan Biji Kopi

Sudah tentu, petani sangat senang. Sebagaimana, arahan pak wali jangan ada lagi masyarakat menjemur kopi menghampar di jalan atau tanah. Sama sama jaga kualitas kopi Pagaralam.

Untuk diketahui, jika bantuan peralatan pascapanen ini diberikan kepada tiga kelompok yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID).

Juga sumbangan Cooporate Social Responsibility (CSR) Bank SumselBabel Pagaralam kepada dua kelompok IKM.

Penyerahan simbolis diberikan Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni bertempat di Kantor Disprindagkop UKM Kota Pagaralam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: