Tahun 2023 Transaksi Keuangan dan Ekonomi Digital Akan tumbuh Dua Digit

Tahun 2023 Transaksi Keuangan dan Ekonomi Digital Akan tumbuh Dua Digit

Foto:ist Kiagus Firdaus (Kia) bersama Cak Amir --Pagaralampos.co

PAGARALAMPOS.CO  - Ekonomi digital saat ini terus berkembang di dunia tak terkecuali di Indonesia, hal ini ditandai dari meningkatnya pengguna internet.

"Semua jenis transaksi keuangan dan ekonomi digital akan tumbuh dua digit pada tahun depan, termasuk transaksi di e-commerce, uang elektronik, dan digital perbankan," tutur Kiagus Firdaus yang akrab disapa Kia. 15 Desember 2022.

Untuk diketahui Kia ini merupakan salahsatu pemuda asli Kota Pagar Alam yang berkiprah di Pulau Jawa dan saat ini bisa dikatakan pengusaha muda sukses, baik usaha dibidang jasa, berpolitik maupun organisasi. 

Kia juga menambahkan, ekonomi digital di Indonesia terus berkembang pesat dalam satu dekade terakhir dan diprediksi meningkat pesat pada 2022. Nilai transaksi e-commerce bahkan mencapai Rp 530 triliun ditahun 2022 ini.

"Potensi ekonomi digital tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia di masa depan,"jelasnya.

"Berbagai studi menyatakan bahwa peluang ekonomi digital Indonesia masih terbuka lebar," ucapnya.

BACA JUGA:Gelar Pengajian, Cak Amir dan Kiagus Firdaus Bagikan Ratusan Kilogram Beras

Pria yang pernah mendapat penghargaan dari Hermawan Kertajaya sebagai Sales Person ini menambahkan, poyeksi nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia mencapai USD 124 miliar atau Rp1,7 triliun pada 2025 mendatang.

Berdasarkan data Global Web Index, saat ini pengguna ponsel di Indonesia sekitar 345,3 juta user dengan penetrasi internet sebesar 73,7% dan trafik internet yang mengalami peningkatan 15-20% di sepanjang tahun 2020.

Sementara pengguna internet mencapai 202,6 juta. Pada awal tahun 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta meningkat 15,5 persen atau 27 juta jika dibandingkan pada Januari 2020. Sedangkan pengguna sosmed aktif 170 juta jiwa.

YouTube masih menduduki angka tertinggi pengguna mencapai 140 juta, Whatsapp 134 juta, Facebook 131 juta dan Instagram : 126 juta, Twitter 89 juta diikuti media sosial lainnya. Ia juga menyebut data media online di Indonesia mencapai 50.000 berdasarkan data Kominfo.

BACA JUGA:Tegas, Polsek Dempo Utara Berikan Imbauan Larang Hiburan Malam

"Pada 2022 tren digital semakin tinggi, sektor industri kreatif masih menjadi trending ke depannya," kata Kia.

Dukungan gelombang teknologi merupakan salah satu faktor perkembangan basis digital. Seperti ketersediaan jaringan 5G, IoT, Blockchain, Artificial Intilligence dan Cloud Computing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pagaralampos.com