Begini Kerja INAFIS Ungkap Tabir Misteri Perkara

Begini Kerja INAFIS Ungkap Tabir Misteri Perkara

Foto : Dok/pagaralampos.co OLAH TKP : Tim Inafis saat melakukan olah TKP mrngumpulkan barang bukti.--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Pengungkapan perkara pidana tak terlepas pengumpulan bukti dengan cara yang dilakukan tim INAFIS (Automatic Finger Print Identification System).

Identifikasi merupakan garda terdepan  Satuan Reserse Kriminal dalam olah tempat kejadian perkara mengungkap kejadian pidana.

Kapolres Pagaralam AKBP Arif Harsono SIK MH melalui Kasatres AKP Mursal Mahdi mengatakan, INAFIS sangat berperan dalam mengungkap tabir kejadian atau peristiwa kejahatan jika kasusnya masih misteri.

“Memerlukan kejelian dan ketelitian terhadap barang bukti yang ada di TKP atau Tempat Kejadian Perkara,” karanya kepada Pagaralampos.com. Senin, 13 Desember 2022.

BACA JUGA:Kapolres Ingatkan, Penjagaan Mapolsek Jangan Lengah

 Sekecil apapun barang bukti yang ada di TKP sangat penting dalam proses pengungkapan. Bisa saja berkaitan dengan kejadian di lokasi atau jejak si pelaku.

Sistem kerja INAFIS ada beberapa metode dalam pengembangan barang bukti,” imbuh AKP Mursal Mahdi didampingi Ps Kaur Ident  Aipda Tatang Agustoni.

Contohnya, kasus pembunuhan. Dengan diketahuinya jati diri korban, penyidik akan lebih mudah dalam membuat satu daftar dari orang-orang yang patut dicurigai dalam sebuah kasus.

Daftar tersebut akan lebih diperkecil lagi apabila diketahui saat kematian korban serta alat yang dipakai oleh tersangka atau pelaku kejahatan.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kapolres Tampung Masukan Masyarakat

“Identifikasi forensik merupakan usaha untuk mengetahui identitas seseorang yang ditujukan untuk kepentingan forensik,” tambah dia

AKP Mursal juga mengingatkan, jika ada kejadian pencurian atau tindak pidana lainnya sebaiknya untuk TKP agar tetap status QUO (status aslinya) agar pihak INAFIS dapat mengolah tempat kejadian perkara sehingga barang bukti dan jejak pelaku tidak rusak.

Biasanya, di TKP ada police line, ucap AKP Mursal. Bila mengetahui rumah anda telah di masuki pencuri untuk menjaga agar jangan ada orang lain masuk hingga aparat datang melakukan olah TKP.

 “Tujuannya ya itu tadi memudahkan INAFIS olah TKP untuk mendapatkan petunjuk baik barang bukti atau jejak pelaku yang ada di TKP tersebut,” pungkasnya seraya mengatakan INAFIS juga berperan dalam mendukung tugas Polri yaitu dalam segi penegakan hukum dan pelayanan terhadap masyarakat. (Atg06/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: