PPKBP3A dan TP PKK Kota Pagaralam Gelar Pelatihan Kader PAAREDI

PPKBP3A  dan TP PKK Kota Pagaralam Gelar Pelatihan Kader PAAREDI

FOTO : Devi/Pagaralampos.com--

PAGARALAMPOS,Pagaralam – Mengangkat tema keluarga kuat, anak berkualitas Dinas PPKBP3A berkolaborasi dengan TP PKK Kota Pagaralam gelar pelatihan kader pola asuh anak dan remaja di era digital (PAAREDI) bagi para kader (PAAR) PKK se Pagaralam bertempat di Aula Gedung Seminar Villa Gunung Gare selasa, (8/11).

Pelatihan PAAREDI dibuka langsung oleh Walikota Pagaralam Alpian Maskoni yang dalam arahannya Alpian mengatakan agar seluruh Kader PKK dapat menjadi role model dalam implementasi pengasuhan anak berbasis digital melalui pemanfaatan waktu dengan keluarga, salah satunya dengan memperbanyak kegiatan yang melibatkan interaksi antar keluarga.

"Saat ini pola pengawasan orang tua harus mengikuti, dengan menyesuaikan cara mengasuh anak, karena mayoritas interaksi atau pola komunikasi di rumah sudah menggunakan media online, dan dengan pengawasan yang baik, kata Wali Kota, maka tidak akan terjadi kecanduan digital pada anak. Termasuk pada game online atau pemanfaatan situs tertentu yang berdampak tidak baik pada anak. Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan untuk para kader ini diharapkan dapat membimbing dan mengarahkan anak-anak lebih bijak dalam menggunakan teknologi,’’ ujarnya.

Sementara Kepala Dinas PPKBP3A Pagaralam Paber Napitupulu dalam sambutannya menjelaskan, Kegiatan Paaredi bertujuan untuk meningkatkan peran keluarga/orangtua dalam membentuk dan membangun karakter setiap anggota keluarga dengan penerapan pola asuh yang tepat. Juga untuk  mengedukasi masyarakat terutama anak dan remaja agar lebih bijak dan cerdas dalam bermedia sosial terutama diera digital saat ini’’, ungkapnya.

BACA JUGA:Desiminasi Percepatan Penurunan Stunting

Senada Ketua TP PKK Kota Pagaralam Rahma Hareni Noor Alpian menyatakan setiap perkembangan anak akan menjadi tahapan yang sangat  penting untuk mewujudkan generasi yang berkualitas, berakhlak dan bertaqwa. "Karenanya pertumbuhan anak sejak dalam kandungan sampai usia 18 tahun sangat tergantung bagaimana orang tua, keluarga dan lingkungan sekitarnya memperlakukan dan mengasuhnya. Pesatnya perkembangan dunia digital memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pola asuh anak. Situasi ini juga harus direspon dengan cepat dan tepat oleh orang tua dalam mengasuh anak-anaknya agar pergeseran zaman tersebut tidak berdampak negatif bagi perkembangan anak.

BACA JUGA:Perayaan HUT ke 65, BSB Gelar Potong Tumpeng Hingga ke Rumah Berbagi

Dengan adanya sosialisasi PAAREDI ini semoga akan benar-bener dimanfaatkan untuk para peserta yaitu para kader PKK yang ada di kelurahan maupun kecamatan supaya nantinya anak-anak kita yang merupaka generasi penerus akan menjadi anak-anak yang berkualitas’’, harapnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Sekda Pagar Alam Samsul Bahri Burlian, Asisten I Setdako Dahnial Nasution, Nara Sumber Pelatihan Pokja 1 Sumsel Telly Pauline Ulviana Siwi, Ka Dinkes Desi Elviani, Ketua Dharma Wanita Persatuan Has Monalisa Samsul dan Seluruh Kader Pokja 1 Pagar Alam. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: