Junjung Tinggi Integritas Bawaslu, 27 – 30 Oktober Panwascam Terpilih Dilantik

Junjung Tinggi Integritas Bawaslu, 27 – 30 Oktober Panwascam Terpilih Dilantik

WAWANCARA: Tampak peserta Calon Panwascam ikuti sesi wawancara, yang digelar Bawaslu Kota Pagaralam di Sekretariat Kantor Bawaslu Kota Pagaralam. -Foto: Ist/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, Pagaralam – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pagaralam gelar sesi tes wawancara, terhadap Calon Anggota Pengawaslu Pemilu Kecamatan (Panwascam) di lima Kecamatan se-Kota Pagaralam, berlokasi di Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Pagaralam Jl Air Perikan Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan.


“Untuk jadwal pelaksanaan tes wawancara ini. Pada dasarnya, kita diberi waktu 5 hari, tapi kita di Pagaralam melaksanakan itu cukup 2 hari saja, dimulai Sabtu (22/10) dikhususkan untuk Kecamatan Pagaralam Selatan, Kecamatan Pagaralam Utara dan Kecamatan Dempo Selatan,” ujar Ketua Bawaslu Kota Pagaralam, Edi Budi Ahmadi.

BACA JUGA:Ciptakan Ketahanan Pangan Keluarga dengan Memanfaatkan Pekarangan Rumah


Kemudian, pada Minggu (23/10), sebut Edi, dilanjutkan untuk Kecamatan Dempo Utara dan Dempo Tengah. “Di sesi wawancara ini, kita lebih menekankan kepada peserta Panwascam itu, tentang kepemiluan, Undang-undang Pemilu berikut kearifan lokal,” bebernya.

BACA JUGA:Ciptakan Ketahanan Pangan Keluarga dengan Memanfaatkan Pekarangan Rumah


Mengenai masa kerja dari Panwascam sendiri, jelas Edi, kalau edhock ini bila mengikuti acuan yang lama berkisar 11 hingga 12 bulan, akan tetapi dengan sendirinya, tidak dipungkiri bahwasanya untuk yang berkelanjutan, dengan tahapan-tahapan yang sama-sama mepet, sudah pelaksanaan Pemilu lanjut ke Pilkada. Inilah yang menjadi adanya penambahan masa kerja. “Kita perkirakan sekira 2 tahunan, untuk masa kerja Panwascam ini,” imbuhnya.

BACA JUGA:Wako Buka Roadshow dan Sosialisasi Peningkatan Literasi Keuangan


Edi berharap, kepada seluruh peserta Panwascam, yang nantinya dapat lolos dalam tahapan seleksi, diharapkan dapat menjunjung tinggi integritas Bawaslu, begitu pula terhadap pemahaman-pemahaman tentang Pemilu itu sudah ada.

“Proses pelantikan Panwascam ini, kita jadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 30 Oktober 2022, kita lihat Juknis juga begitu dilantik, anggota Panwascam langsung kita berikan pembekalan, untuk turut menyukseskan pelaksanaan Verifikasi Faktual (Verfak) Parpol, jadi dengan adanya tambahan amunisi dari Panwascam ini, dapat ikut terlibat dalam Verfak,” tandasnya. (Cg09)    

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: