Ciptakan Ketahanan Pangan Keluarga dengan Memanfaatkan Pekarangan Rumah

Ciptakan Ketahanan Pangan Keluarga dengan Memanfaatkan Pekarangan Rumah

Foto : Fahmi/Pagaralampos.co PANTAU : Kepala DKPP Kota Pagaralam Ir Hj Zaitun M.Si saat melakukan monitoring dan evaluasi penerimaan batuan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan di Dusun Tegur Wangi Baru, Kelurahan Pagar Wangi, beberapa waktu lalu.--

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.CO - Kerja keras Pemerintah Kota (Pemkot Pagaralam) dalam menjalankan program Gubernur Sumsel H. Hernan Deru, yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) membuahkan hasil positif. 

Sebanyak 10 Warga di Kelurahan Pagar Wangi yang tergolong Rumah Tangga Miskin (RTM) sebagai penerima manfaat Corporate Social Responsibility (CSR) bank SumselBabel dalam Program GSMP, pada perhitungannya mencapai angka 60 persen.

Dikatakan Lurah Pagar Wangi Nyayu Salmah, S.Si program GSMP ini sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat, yang saat ini sudah dapat menjalankan Gerakkan yang digagas oleh gubernur Sumsel H Herman Deru.

"Akan tetapi masing-masing capaiannya berbeda, ada yang berhasil di pertanian, ada yang berhasil di peternakan saja, ada juga yang berhasil dikeduanya," ungkap Nyayu saat dibincangi Pagaralampos.co belum lama ini.

BACA JUGA:Sukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Setelah dilakukan penilaian oleh Pengawas, lanjut Nyayu, para RTM pengelola penerima manfaat dari program GSMP yang berhasil di dua bidang mencapai 50 persen.

 "Memang hasil yang dapatkan dalam pengelolaan sayuran dan peternakan tersebut sudah sangat membantu untuk ketahanan pangan di rumah tangga," imbuhnya.

Nyayu berharap, dengan adanya gerakan ini nantinya dapat merubah maindset masyarakat dari konsumen menjadi produsen.

Kedepan masyarakat tersebut dapat lebih memaksimalkan halaman pekarangan rumah. Setidaknya, dari hasil yang didapat nantinya bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional, Ini Yang Dilakukan Kak Pian

Sementara itu, Aminuddin warga Tegur Wangi Lama salah seorang pengelola penerima manfaat program GSMP menuturkan, setelah menerima bantuan ini ada perbedaan yang signifikan dalam pengeluaran belanja harian.

 "Biasanya istri saya membeli di pasar untuk kebutuhan seperti sayuran, ikan dan ayam. Setelah mendapat kepercayaan untuk mengelola hewan ternak dan sayuran, kami jarang membeli lagi. Sebab kebutuhan sudah terpenuhi dengan adanya program GSMP ini," pungkasnya.(FA15/min3)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: