Miliki Peranan Besar Berdayakan Masyarakat, Tren KUR 0% Cenderung Meningkat

Miliki Peranan Besar Berdayakan Masyarakat, Tren KUR 0% Cenderung Meningkat

PENYALURAN KUR: Secara simbolis Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni salurkan KUR, kepada masyarakat selaku pemanfaat pinjaman KUR.-Foto: Ist/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, Pagaralam – “Sebagaimana kita sadari, bahwasanya peranan Pemerintah Daerah sangat besar dalam hal pemberdayaan masyarakat. Banyak sekali usaha masyarakat di daerah yang potensial dikembangkan, namun terkendala oleh permasalahan teknis, kualitas industri dan permodalan,” kutipan ini disampaikan Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH, saat membuka giat Roadshow dan Sosialisasi Peningkatan Literasi Keuangan dan Optimalisasi produk dan layanan keuangan, belum lama ini.

Dikatakan Kak Pian, permodalan sebenarnya menjadi syarat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, selain itu tingkat kesejahteraan sebuah daerah atau negara dapat diukur dari seberapa mudah masyarakatnya terutama di wilayah pedesaan, dalam mengakses produk-produk jasa keuangan.

BACA JUGA:Pasokan Melimpah, Harga Ayam Pramuka di Jarai Menurun

Kak Pian juga menjelaskan, berbicara tentang KUR, Pemerintah Kota Pagaralam juga memiliki suatu program yakni KUR 0%. Prosesnya masih secara perbankan, akan tetapi setelah terjadi akad barulah Pemerintah masuk untuk membayar bunga dari pinjaman tersebut.

BACA JUGA:Data Penduduk Secara Door To Door

Sehingga pelaku UMKM yang meminjam uang di Bank hanya membayar peminjamannya saja. Kemudian melalui program TPAKD Kota Pagaralam juga ada program satu rekening 1 pelajar (KEJAR) kepada pelajar di setiap Sekolah di Kota Pagaralam. 

BACA JUGA:Perkara Komplotan SG Dkk Dilimpahkan, Penyidik Kejari Terima BB Ekstasi dan Sabu

Hal ini mengajarkan kepada para pelajar untuk menabung sedari dini dengan membuka rekening tabungan.

“Alhamdulillah, tren KUR 0% ini selalu meningkat sejak tahun 2019 hingga tahun 2022 ini dan untuk program I pelajar I rekening dengan target seluruh pelajar yang ada di Kota Pagaralam serta kita maksimalkan lagi dengan minimal I keluarga I rekening,” ungkap Kak Pian.

Melalui kegiatan ini Kak Pian berharap akan membawa dampak dan manfaat terhadap pertumbuhan sektor UMKM melalui penyaluran KUR dan juga memberikan dampak pada peningkatan minat menabung bagi para pelajar di Kota Pagaralam mulai dari tingkat TK SD SMP dan SMA sederajat. (Cg09/CE-V)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: