SMP N 4 Satu-satunnya Sekolah Berasrama, Mengusung Konsep Bording School Pertama di Pagaralam

SMP N 4 Satu-satunnya Sekolah Berasrama, Mengusung Konsep Bording School Pertama di Pagaralam

Foto: Fahmi/Pagaralampos.co FOKUS : Saat para siswa/i kelas 7C di SMP N 4 Bording School sedang belajar di ruang kelas.--

PAGARALAM, PAGARALAMPOS - Boarding School adalah suatu sistem sekolah yang memiliki asrama, sehingga siswanya tidak hanya belajar di sekolah itu. Melainkan juga bertempat tinggal di sekolah tersebut.

Konsep ini sudah di terapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Pendidikan, yakni SMP Negeri 4.

Sekolah tersebut berlokasi di wilayah Simpang Mbacang Kelurahan Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah. Dan sudah diresmikan oleh Walikota Pagaralam Alpian Maskoni pada 2020 lalu.

Dengan mempertimbangkan kondisi halaman yang luas dan ruang kelas banyak kosong, terbersit ide dari kepala Dinas Pendidikan Pagaralam Cholmin Heryadi untuk menerapkan konsep Bording School di SMP N 4. 

BACA JUGA:47 Siswa MAN 1 Pagaralam Ikuti ANBK

Kepala Sekolah SMP N 4 Ema Hasymah, S.Pd mengatakan, pembelajaranya di bagi dua sesi, untuk siang menggunakan sistem reguler dengan kurikulum nasional, untuk malamnya baru ada penambahan yakin pelajaran Tahfiz, Tahsin, dan Muhadaroh, 

"Alhamdulillah, sekarang sudah ada guru Bahasa Arab," jelasnya dibincangi Pagaralampos.co belum lama ini.

Kita, lanjut Ema, berupaya membuat lingkungan sekolah menjadi tempat yang nyaman baik bagi orang tua dan pelajar itu sendiri, orang tua tidak akan meras was-was meninggalkan anaknya di sekolah, sebab anak diajarkan untuk senantiasa disiplin,

"waktu subuh anak-anak sudah di mushola, dilanjutkan dengan membaca Al-Qur'an," imbuhnya.

BACA JUGA:Butuh Dukungan Komite, Majukan Program Tahfidz

Tak hanya itu, Ema menjelaskan waktu anak-anak makan pun sudah diatur, ketika waktu makan tiba para siswa sudah dapat menikmati hidangan yang telah disediakan. 

"Kita membiasakan anak itu menjadi disiplin sedari dini, karena tidak setiap waktu orang tua mengawasi anak-anaknya," tuturnya.

Dikatakan Ema, pembelajaran dilaksanakan sampai sore hari, "untuk hari senin-kamis dari pukul 07.30 WIB sampai ba'da ashar, khusus untuk hari Jum'at dilangsungkan ekskul, sabtu dan minggu mereka diliburkan," sambungnya.

Kenapa dijadikan Bording School?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: