Infrastruktur Selesai, Harus Ada Program Berkelanjutan

Infrastruktur Selesai, Harus Ada Program Berkelanjutan

Foto: gusti/Pagaralam Pos PELATIHAN : Kasatker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Yusrizal ST MT saat menyampaikan sambutan kegiatan pelatihan rumah produksi kopi, Jumat (29/7).--

PAGARALAMPOS, Pagaralam – Dalam rangka penguatan SDM, Kementrian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman menggelar pelatihan sebagai bentuk program yang berkelanjutan.

Pada kesempatan, Jumat (29/7), bertempat di Aula SDN 74 Pagaralam dilakukan pembukaan pelatihan Vokasi dan Monitoring bagi KSM rumah produksi kopi, komite dan pengelola BDC Pagaralam dibuka Walikota Pagaralam Alpian Maskoni.

BACA JUGA:Butuh Peran Pemuda Dalam Memajukan Kopi

Turut hadir Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Sumsel Yusrizal ST MM didampingi PPK PKP Sumsel Heriani M Napitupulu. Dia mengatakan, bahwa Kementrian melalui balai mendukung program pemerintah baik tingkat I dan II dalam hal ini di provinsi dan daerah. “Kegiatan PUPR melalui balai fokus dengan pembangunan infrastruktur. Apa yang dibutuhkan siap mendukung pembangunan di daerah tidak hanya mendukung di sektor pertanian atau perkebunan saja,” kata dia.

Seperti halnya rumah produksi kopi. Infrastruktur ini diharapkan juga mampu memajukan sektor perkebunan di Kota Pagaralam. Namun juga mendongkrak perekonomian daerah.

Balai juga berharap pembangunan fisik ini terus berlanjutan. Disinilah peran pemerintah daerah turut mendukung pelaksanaanya secara komprehensif. Kita berharap selesai dibangunnya infrastruktur rumah produksi kopi di Kota Pagaralam harus tetap program berkelanjut. Contohnya pelatihan kepada KSM rumah produksi kopi.

“Infratruktur yang dibangun perlu penguatan kapasitas SDMnya. Agar mereka mengetahui hulu dan hilirnya tentang pengolahan kopi,” ulasnya seraya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Pagaralam dan dinas terkait yang telah mendukung berjalannya rumah produksi kopi yang ada saat ini.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Peningkatan Kualitas Greenbin Kopi

Melalui program pelatihan ini tidak hanya mampu meningkatkan SDM namun produk yang dihasilkan juga kualitasnya baik khususnya kopi.

Sementara Walikota Pagaralam Alpian Maskoni dirinya mengapresiasi adanya pelatihan kepada KSM merupakan upaya pengembangan yang berkelanjutan.

Diharapkan bangunan RPK berjalan optimal. Khususnya kopi Wako konsent untuk pengembangan kopi sebagai komoditi utama di Kota Pagaralam.

Dia mengajak petani untuk mengajak menjaga kualitas kopi Pagaralam. Kopi petik merah. “Karena, jika satu yang merusak kualitas tentunya merusak nama kopi Pagaralam mari kita jaga kualitas kopi Pagaralam,” ajak Walkota seraya mengatakan adanya pelatihan tidak hanya menambah pengetahuan namun mampu meningkatkan penghidupan masyarakat petani.

BACA JUGA:KSM Binaan Dilatih Pengolahan Biji Kopi

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Pagaralam David Kenedi ST MM melalui Koordinator Kotaku Pagaralam Aldi Ardiansyah menyebutkan, jika pelatihan ini telah berjalan dan melibatkan KSM, KPP rumah produksi kopi, Komite dan pengelola BDC.  (Atg06/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pagaralampos.disway.id