KSM Binaan Dilatih Pengolahan Biji Kopi

KSM Binaan Dilatih Pengolahan Biji Kopi

PAGARALAM POS, Pagaralam - Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) kembali melakukan palatihan pada program pengembangan kopi di kota Pagaralam. Pada kesempatan Kamis (28/7) peserta dilatih cara pengolahan biji kopi dengan baik. Giat ini berlangsung di Rumah Produksi Kopi Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah.

BACA JUGA:Tunaikan Janji Politik, Perdana Stek Kopi

Pantauan Pagaralam Pos, KSM binaan menjalani tahap praktek yaitu pada praktikum I dengan tema pengenalan fisik biji kopi, dari pembersihan hingga pemisahan biji dengan kulit, dengan menggunakan mesin khusus. Sebelum dikupas, biji tersebut dibersihkan dahulu kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering, biji tersebut dilakukan dengan pemisahan.

BACA JUGA:Peningkatan Produksi Sejuta Sambung Pucuk Kopi Didata

Para perserta yang megikuti pelatihan terlihat antusias, ujar Aldi Ardiansyah selaku Koordinator Kotaku Pagaralam. “Mereka yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan terkait cara pengolahan kopi,” katanya.

BACA JUGA:Penyuluh Monitoring Sambung Pucuk Kopi

Terutama ibu-ibu sangat antusias sekali dengan giat ini. “Mereka ada yang rela datang dari jauh untuk mengikuti pelatihan yang digelar BDC bersama Kotaku Pagaralam ini. Semoga kedepan hasil dari produksi kopi kita semakin berkembang dan membaik,” ujarnya. (SZ14/min2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: