Media Sosial yang Tepat Sebagai Sarana Mendekati Pelanggan

Media Sosial yang Tepat Sebagai Sarana Mendekati Pelanggan

Dr Galuh Mira Saktiana S E M ScDosen Universitas Tarumanagara Jakarta Pada Seminar Strategi Bisnis dan Pemasaran SSBP 2 yang diselanggarakan di ITBis Lembah Dempo pada tanggal 11 Mei 2022 membahas mengenai peran media sosial yang sangat dibutuhkan oleh pemasar untuk menciptakan loyalitas pelanggan Sebelum membahas lebih lanjut mengenai media sosial terlebih dahulu akan dibahas sedikit mengenai pemasaran digital Pemasaran digital adalah suatu usaha atau metode untuk memasarkan sebuah merek atau produk dengan menggunakan media pendukung dalam bentuk digital Strategi pemasaran digital ada 9 Sembilan yaitu Search Engine Marketing SEM Social Media Marketing SMM Direct Mail Content Search Engine Optimization SEO Web Digital Corporate Communication Public Relation dan Advertising Dietrich dan Livingston 2012 hlm 8 Sebuah bisnis yang ingin menggunakan pemasaran digital tentu saja harus memperhatikan komponen yang akan membentuk pondasi strategi pemasaran digital Komponen tersebut adalah sebagai berikut 1 Kenali bisnis Anda 2 Ketahui persaingannya 3 Kenali pelanggan Anda 4 Ketahui apa yang ingin dicapai 5 Ketahui apa yang Anda lakukan Melihat perkembangan pemasaran digital dari masa ke masa mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia Menurut Chen dan Qasim 2020 menyatakan bahwa pemasaran digital dan media sosial belakangan ini menjadi penting seiring dengan majunya teknologi Perkembangan yang terjadi dari tahun 2017 Adapun data yang diperoleh dari survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia APJII pada tahun 2017 tercatat sebesar 143 25 juta penduduk yang menggunakan internet Selanjutnya pada tahun 2018 sampai dengan 2019 pengguna internet di Indonesia sebanyak 171 17 juta Peningkatan pengguna dunia juga mengalami kenaikan yang cukup pesat yaitu pada tahun 2020 sebanyak 3 6 miliar dan akan semakin naik menjadi 4 41 miliar pada tahun 2025 Statista 2021 Pemanfaatan internet di Indonesia banyak digunakan melalui sosial media baik itu untuk diri pribadi konsumen dan juga untuk bisnis jual beli Penggunaan media sosial pada tingkat individu digunakan untuk mencari wawasan bisa berupa pengetahuan menambah jaringan dan juga melakukan komunikasi dengan yang lain Selain itu Bilgihan dkk 2014 mengungkapkan bahwa media sosial juga digunakan oleh konsumen untuk proses bertukar pendapat mencari produk dan membagikan pengalaman terkait produk atau merek Saat ini peran media sosial menjadi sangat penting dalam mempengaruhi sebuah persepsi dan juga perilaku konsumen yang tentu saja hal ini menarik para pemasar untuk mengadopsi platform ini sebagai contohnya adalah Facebook Instagram dan juga YouTube yang dipilih untuk digunakan sebagai saluran komunikasi pemasaran utama daripada menggunakan sarana komunikasi tradisional lainnya Moslehpour dkk 2021 Dalam dunia pemasaran pemasaran media sosial merupakan tambahan dimensi baru yang sangat penting dalam dunia pemasaran yang modern Koay dkk 2020 Felix dkk 2017 Upaya peningkatan efektivitas dalam pemasaran dapat dilakukan dengan melakukan komunikasi pada pemasaran media sosial sosial Dwivedi dkk 2020 Pemasaran media sosial adalah sebuah teknik dalam internet marketing yang fokus dalam aktivitas media sosial baik itu memasarkan atau mengembangkan brand melalui media social contohnya seperti YouTube Facebook Twitter Tiktok Instagram Tiktok Media sosial menawarkan berbagai cara agar mudah dijangkau cepat berdampak tinggi untuk mempromosikan bisnis Anda meningkatkan citra merek Anda dan memperkuat ikatan dengan pelanggan Strategi yang bisa dilakukan agar media sosial bisa diterima adalah harus menarik jelas dan unik mengoptimalkan desain dan pengalaman pengguna di platform sosial dan situs web Anda sehingga Anda berhasil mengonversi browser menjadi pembeli membangun hubungan pribadi dan emosional yang baik dengan pelanggan atau klien Anda Tujuan yang bisa dicapai oleh perusahan dalam penggunaan media sosial adalah 1 adanya keterlibatan merek dan loyalitas yang berarti pelanggan yang setia akan mencari produk yang dipasarkan berharap saling terhubung satu dengan yang lainnya serta saling memberi testimoni yang baik 2 layanan pelanggan pelanggan mengharap semua kesulitan bisa diselesaikan apabila pelanggan memposting keluh kesah mereka pada media sosial dan berharap segera bisa diatasi 3 kesadaran merek memikat pelanggan dengan memberikan sampel produk dan undian serta memasukkan pelanggan kedalam database dan diajak untuk memberikan ulasan tentang produk yang digunakan missal melalui Facebook atau Twitter 4 memperoleh pendapatan upaya yang dilakukan media sosial menghasilkan uang meskipun tidak selalu melalui saluran langsung RI03 MIN2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: