Perluas Layanan ke Desa-Desa, AgenBRILink Jadi Ujung Tombak Inklusi Keuangan Nasional
Perluas Layanan ke Desa-Desa, AgenBRILink Jadi Ujung Tombak Inklusi Keuangan Nasional-Foto: ist-
PAGARALAMPOS.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus menunjukkan komitmennya dalam memperluas jangkauan inklusi keuangan nasional, khususnya di tengah percepatan transformasi digital di sektor perbankan.
Dengan mengusung konsep hybrid banking yang menggabungkan kekuatan digital banking dan jaringan layanan fisik, BRI semakin adaptif dalam menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
Salah satu pilar utamanya adalah AgenBRILink, yang menjadi garda terdepan dalam memperluas akses ke layanan keuangan hingga ke pelosok negeri.
Melalui jaringan AgenBRILink, masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) kini dapat merasakan manfaat layanan perbankan yang sebelumnya sulit dijangkau.
BACA JUGA:BRI Dukung Casa Grata Menembus Pasar Global: Sukses Ekspor Perdana ke Singapura
Perluasan jaringan ini berdampak langsung pada peningkatan jumlah agen dan volume transaksi secara signifikan.
Selama periode Januari hingga Mei 2025, tercatat sebanyak 443 juta transaksi telah diproses melalui AgenBRILink, yang didukung oleh lebih dari 1,19 juta agen tersebar di 67.013 desa di seluruh Indonesia. Berbagai layanan seperti tarik tunai, transfer dana, dan pembayaran tagihan kini mudah diakses oleh masyarakat, sekaligus berkontribusi terhadap pendapatan non-bunga (fee based income) BRI sebesar Rp643 miliar pada periode tersebut.
Direktur Utama BRI, Hery Gunardi, menekankan bahwa peran AgenBRILink yang kian penting tidak lepas dari langkah strategis perusahaan dalam membangun jaringan keagenan yang solid. Ini termasuk peningkatan infrastruktur digital dan sistem yang mendorong efisiensi, keandalan, serta keamanan transaksi di level agen.
BACA JUGA:BRI Optimalkan Weekend Banking dan Layanan Digital Selama Libur Tahun Baru Islam
“BRI akan terus menambah fitur layanan yang tersedia di AgenBRILink. Selain transaksi dasar seperti tarik tunai dan pembayaran, masyarakat juga dapat mengakses layanan seperti pembelian asuransi mikro, setoran angsuran pinjaman, referral pembukaan rekening, serta berbagai solusi mikrofinansial lainnya,” jelas Hery.
Dengan strategi berkelanjutan dan pelaksanaan yang terarah, BRI optimis AgenBRILink tidak hanya menciptakan peluang ekonomi di daerah, tetapi juga memperkuat tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:
