Kemitraan yang tidak sesuai dapat merusak kredibilitas dan membuat audiens kehilangan kepercayaan.
3. Buat Proposal Sponsorship yang Menarik
Menghubungi merek secara langsung dengan proposal yang profesional dapat meningkatkan peluang mendapatkan sponsorship. Proposal yang baik mencakup:
Profil Singkat Tentang Channel: Jelaskan niche, jumlah subscriber, serta engagement rata-rata.
Demografi Audiens: Data mengenai usia, lokasi, dan minat audiens sangat penting bagi merek.
Paket Kerja Sama: Tawarkan berbagai opsi promosi seperti product placement, ulasan produk, atau video sponsor khusus.
Portofolio Kerja Sama Sebelumnya: Jika pernah bekerja sama dengan merek lain, sertakan contoh hasil kerja sama tersebut.
BACA JUGA:Atasi Kericuhan Unras, Personel Dalmas Dilatih Pengendalian Massa
4. Gunakan Platform Penghubung Sponsorship
Banyak platform yang dapat membantu kreator menemukan sponsor, seperti:
Grapevine Village – Menghubungkan kreator dengan merek yang ingin beriklan melalui video YouTube.
FameBit (oleh YouTube BrandConnect) – Platform resmi dari YouTube yang membantu kreator mendapatkan brand deals.
Upfluence – Platform influencer marketing yang menghubungkan kreator dengan berbagai merek global.
Menggunakan platform ini dapat mempermudah pencarian sponsor tanpa harus mencari secara manual.
BACA JUGA:Sawah Terdampak Banjir Tak Pengaruhi Produksi Padi di Sumsel