- Pulley yang aus dapat menyebabkan v-belt tidak bergerak optimal, memengaruhi akselerasi motor. Pulley umumnya perlu diganti setelah pemakaian 25.000–30.000 kilometer.
3. Kampas Ganda Menipis
Kampas ganda atau kampas kopling bertugas menciptakan gesekan dengan mangkok kopling untuk menggerakkan motor.
BACA JUGA:4 Pilihan Merk Ban Motor Terbaik yang Tahan Lama di Indonesia
BACA JUGA:Mobil Bekas Berkualitas di Harga 70 Jutaan: Rekomendasi yang Wajib Diketahui!
- Gesekan yang terus-menerus dapat membuat kampas ini menipis.
- Kampas ganda yang aus mengurangi daya cengkeram, sehingga motor terasa kurang bertenaga.
Solusi dan Langkah Perawatan
Agar motor matic tetap bertenaga dan responsif, perawatan sistem CVT secara berkala sangat diperlukan.
BACA JUGA:3 Penyebab Tarikan Motor Matic Kurang Bertenaga yang Harus Kamu Tahu!
BACA JUGA:Rekomendasi Ban Motor Paling Awet dan Berkualitas untuk Pengendara di Indonesia
Berikut adalah langkah-langkah perawatan yang dapat dilakukan:
- Pemeriksaan V-Belt
Rutinlah memeriksa kondisi v-belt untuk memastikan tidak ada tanda-tanda keausan atau kerusakan.
Jika sudah mendekati masa pakai, gantilah v-belt dengan yang baru.
- Cek Pulley Secara Rutin