6 Tips Merawat Kain Batik Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama!

Senin 28-10-2024,21:59 WIB
Reporter : Lia
Editor : Almi

Jadi, sebaiknya cuci manual atau relatif gunakan tangan agar serat kain permanen rupawan dan  warnanya nggak luntur.

3. Baiknya hindari penggunaan detergen buat mencuci kain batik, pakai sampo aja

Zat kimia pada detergen bisa menghambat dan  membuat warna batik jadi cepat pudar. Lebih baik pakai sampo sebab kandungan kimianya lebih ringan dan  menghasilkan batik jadi lebih lembut.

Jika shampoo dirasa terlalu boros sebab harganya yg cenderung mahal dengan isi yang sedikit, dapat menggunakan batik cleaner serta cairan lerak yang terbukti  indah dalam mempertahankan kualitas kain batik.

BACA JUGA:Ingin Tahu Warna Setelah Jas yang Akan Tren di 2024? Ini Dia 3 Pilihannya!

4. kamu pun juga nggak diperbolehkan untuk memeras kain batik sebelum menjemurnya

supaya kain nggak kusut, cukup kibaskan batikmu sebentar saja, karena memeras bisa merusak serat kain yg membuatnya jadi melar.

Meskipun proses keringnya lebih memakan saat karena kandungan airnya banyak, tapi langkah dasar pada perawatan batik yg satu ini terbukti pula mampu membentuk kain batik lebih awet.

5. agar warnanya nggak pudar, hindari menjemur batik pada bawah sinar mentari  langsung

BACA JUGA:Temukan Jam Tangan Rip Curl Paling Stylish untuk Penampilan Santai Anda! Simak Rekomendasi Kami!

Mengapa tidak disarankan menjemur batik pada bawah terik surya secara eksklusif? sebab sinar matahari yg sangat panas bisa membuat rona batik memudar sedikit demi sedikit.

Jadi pada hal ini, cukuplah jemur batik di tempat teduh yang memiliki atap di atasnya. Atau, kamu jua mampu mengangin-anginkannya sampai batik kemarau.

6. Kain batik juga nggak boleh tersentuh setrika panas secara pribadi

Sebelum menyetrikanya, beri lapisan kain batik dengan koran agar warnanya nggak rusak. Hal yang sama pun perlu dilakukan Jika engkau  ingin memakai pewangi sandang.

BACA JUGA:Ingin Tampil Stylish dengan Jam Tangan Lokal? Ini 6 Merek Berkualitas yang Patut Dicoba!

Nah, dengan cara-cara ini, kamu nggak perlu khawatir kain batik bakal rusak. jika ingin lebih awet, engkau  bisa menyimpan batik pada pada plastik.

Kategori :