8 Buah ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Perut Kosong, Apa Saja ?

Minggu 13-10-2024,08:28 WIB
Reporter : Mey
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM- Makan saat perut kosong adalah kebiasaan yang umum, tetapi ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari dalam kondisi ini.

Mengonsumsi buah-buahan tertentu saat perut kosong dapat menimbulkan masalah pencernaan atau bahkan menyebabkan ketidaknyamanan.

Berikut ini adalah beberapa buah yang sebaiknya tidak dimakan saat perut kosong, beserta penjelasannya.

1. Jeruk dan Buah Sitrun Lainnya

Jeruk, lemon, dan buah sitrun lainnya kaya akan asam sitrat. Mengonsumsinya saat perut kosong dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan peradangan pada lambung.

Bagi orang yang memiliki masalah lambung seperti maag, ini bisa menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Sebaiknya konsumsi jeruk setelah makan atau dikombinasikan dengan makanan lain.

BACA JUGA:Buah Apa yang Bisa Menurunkan Asam Urat dengan Cepat? Berikut Daftarnya

2. Pisang

Meskipun pisang merupakan sumber energi yang baik, mengonsumsinya saat perut kosong dapat meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh secara tiba-tiba.

Hal ini bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dan menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat tekanan darah rendah. Sebaiknya, konsumsi pisang setelah makan agar lebih baik bagi pencernaan.

3. Nanas

Nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu pencernaan. Namun, jika dimakan saat perut kosong, nanas dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung karena kadar asamnya yang tinggi.

Ini bisa menyebabkan sensasi terbakar atau ketidaknyamanan di perut. Mengonsumsi nanas bersama makanan lain dapat mengurangi risiko ini.

BACA JUGA: Rutin Mengonsumsi Buah Semangka, Ada 6 Khasiat Tersembunyi? Menjaga Kecantikan Kulit Secara Alami!

4. Melon

Kategori :