Misteri Gunung Kawi: Menelusuri Tiga Cerita Legendaris yang Menyentuh Hati!

Senin 14-10-2024,16:59 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Terletak di Malang, Jawa Timur, Gunung Kawi merupakan salah satu destinasi wisata pegunungan yang menawarkan pemandangan menakjubkan di Pulau Jawa.

Dikenal dengan keindahan alamnya, kawasan ini juga menyimpan berbagai cerita misteri yang berhubungan dengan ritual yang dilakukan oleh pengunjung.

Suasana sejuk dan tenang di Gunung Kawi membuatnya menjadi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menikmati keindahan alam.

Berikut adalah sejarah Gunung Kawi beserta tiga kisah menarik yang melekat padanya.

BACA JUGA:Temukan Keajaiban Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi!

BACA JUGA:Pesona Tersembunyi Air Terjun Tri Muara Karang: Wisata Air yang Menyegarkan di Rejang Lebong

1. Asal Usul Gunung Kawi

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Gunung Kawi memiliki asal-usul yang berkaitan dengan sosok Kanjeng Zakaria II, seorang penasihat Pangeran Diponegoro.

Kanjeng Zakaria datang ke daerah selatan Jawa Timur dan mendirikan padepokan di sana. Setelah tinggal cukup lama, ia mengangkat dua murid, RM Jonet dan Ki Moeridun, untuk membuka hutan di sisi selatan Gunung Kawi. Bersama Mbah Wonosari, mereka membawa dua pusaka, ‘Kudi Caluk’ dan ‘Kudi Pecok’, yang membuat kawasan ini dikenal hingga saat ini.

Permukiman baru ini akhirnya menjadi tempat berlindung bagi banyak orang dari berbagai suku, termasuk suku Jawa, Tionghoa, dan wisatawan asing, yang menciptakan keanekaragaman budaya yang kaya.

2. Mitos Pohon Dewandaru

Setelah menyelesaikan penebangan hutan, Kanjeng Zakaria II tinggal di Gunung Kawi hingga meninggal pada malam Senin Pahing, 22 Januari 1871.

BACA JUGA:Dari Legenda hingga Wisata: Sejarah Gunung Perkison di Aceh

BACA JUGA:Histori Gunung Agung Pauh, Pintu Gerbang Wisata Pagar Alam

Banyak peziarah yang datang ke makamnya pada malam itu untuk memperingati hari wafatnya. Selama hidupnya, Kanjeng Zakaria dikabarkan telah menanam pohon yang menjadi simbol tongkatnya, dikenal sebagai pohon Dewandaru atau pohon Kesabaran.

Kategori :