Perkuat Ikatan Sosial, Masyarakat Diedukasi Ciptakan Lingkungan Sehat

Selasa 17-09-2024,18:27 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Almi

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM – Mahasiswa Institut Teknologi Pagaralam (ITPA) yang tengah melaksanakan giat Kuliah Kerja Nyata (KKN), gelar berbagai giat sosial yang bertujuan meningkatkan kebersihan lingkungan, serta memberikan edukasi kepada warga.

Kegiatan ini mencerminkan semangat gotong-royong dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar.

Seperti halnya KKN ITPA Kelompok 10 melaksanakan aksi di Dusun Tanjung Taring, Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara.

Giat mereka mencakup pembersihan jalan, saluran irigasi, dan Masjid, serta pembangunan lapangan voli untuk menunjang aktivitas olahraga warga setempat. 

BACA JUGA:Ubah Pola Fikir, Mahasiswa KKN Kelompok 8 ITPA Kelola Sampah Plastik Jadi Paving Blok

Tidak hanya itu, kelompok ini juga mengadakan sosialisasi dan jam belajar tambahan di posko, yang dikhususkan bagi anak-anak SD, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

Di lokasi lain, Kelompok 3 yang beroperasi di Dusun Sitirejo RW 03, Kelurahan Bumi Agung, juga turut melaksanakan kegiatan kebersihan.

Bersama Karang Taruna setempat, mereka membersihkan Masjid dengan tujuan menjaga kenyamanan rumah ibadah bagi warga sekitar.

Sementara itu, Kelompok 2 yang berlokasi di Desa Pagardin RW 003, Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara, melibatkan diri dalam berbagai aktivitas penting.

BACA JUGA:KKN di Dempo Utara, Mahasiswa ITPA Membangun Desa

Mereka ikut dalam kegiatan mengaji di Masjid, memberikan edukasi kepada anak-anak tentang penggunaan gadget, membuat plang untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Serta menamai beberapa gang di desa tersebut. Tidak ketinggalan, kelompok ini juga membersihkan kuburan dan membuat tempat keranda untuk keperluan pemakaman.

Ketua Pelaksana KKN ITPA, Ferry Putrawansyah, M.Pd., yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik menuturkan, rangkaian kegiatan sosial ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman, serta meningkatkan edukasi warga dalam berbagai aspek kehidupan.

“Gotong-royong yang tercermin dalam kegiatan ini, bisa  memperkuat ikatan sosial masyarakat Kota Pagar Alam,” tandasnya.

Kategori :