8 Amalan Baik Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Minggu 15-09-2024,21:43 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Almi

4. Membaca Alquran

Amalan lainnya yang dapat dilakukan untuk memperbanyak pahala saat Maulid Nabi adalah membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan yang tidak hanya dikerjakan pada hari kelahiran Nabi saja, tetapi sepanjang hayat.

Kemukjizatan Al-Quran terletak pada janji Allah SWT kepada para pembacanya untuk memelihara dan menjaga-Nya pada hari kiamat nanti.

BACA JUGA:Teladani Sifat-sifat Rasulullah SAW, Hj Dessy Siska Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

5. Berzikir


Foto : Amalan ibadah saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW--Google.com

Selain memperbanyak bacaan sholawat, umat muslim juga dianjurkan untuk berzikir saat hari perayaan Maulid Nadi Muhammad SAW. Melalui zikir, manusia akan selalu mengingat Allah SWT sebagai pencipta segala sesuatu.

Selain itu, berzikir merupakan salah satu cara untuk menyampaikan rasa syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. Pada akhirnya, berzikir dapat membantu para pembacanya untuk menjadi manusia yang lebih beriman, bertakwa, dan berakhlak. 

6. Bersedekah

Memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan merupakan bentuk amal kebaikan yang pahalanya bernilai sangat besar. Meskipun bersedekah tak hanya bisa dilakukan saat Maulid Nabi saja, tapi memperbanyak pahala saat bulan Rabiul Awal dapat mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

7. Mempelajari ajaran Nabi

Pergunakan waktu menjelang Maulid Nabi sebagai kesempatan untuk mempelajari ajaran-ajaran dan sejarah hidup para Rasulullah. Jangan lupa untuk meneladani sikap dan akhlaknya di berbagai aspek kehidupan.

BACA JUGA:Wako Hadiri Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW

Umat Islam juga dapat menyampaikan kisah-kisah Rasulullah kepada orang lain agar nilai-nilai moral dan kebaikannya dapat diteladani oleh lebih banyak orang. Sebab, Nabi Muhammad SAW merupakan suri teladan terbaik bagi umat Islam.4. 

Selain itu, dengan bersedekah dapat meningkatkan rasa bersyukur dan rasa peduli ke sesama. Hal ini juga bisa melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih murah hati.

8. Menghadiri Kajian Agama

Kategori :