10 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh

Selasa 17-09-2024,12:17 WIB
Reporter : Mey
Editor : Almi

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Bunga telang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan dalam bunga telang membantu melawan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan kulit.

Selain itu, bunga telang memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak bunga telang atau menggunakan teh bunga telang sebagai masker wajah dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

5. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan antosianin dalam bunga telang bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat membantu melindungi retina dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kesehatan visual secara keseluruhan.

Mengonsumsi bunga telang secara teratur dapat membantu mencegah masalah mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula dan penglihatan kabur.

BACA JUGA:Rahasia Kesehatan Rambut: 5 Khasiat Minyak Buah Markisa yang Harus Diketahui

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bunga telang memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan. Senyawa dalam bunga telang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, gas, dan nyeri perut.

Selain itu, sifat antiinflamasi bunga telang juga dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, memberikan dukungan tambahan untuk kesehatan pencernaan.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga telang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Senyawa dalam bunga telang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan memperbaiki metabolisme glukosa, sehingga membantu menjaga kadar gula darah dalam rentang yang sehat.

Ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengembangkan diabetes.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Minum Air Rebusan Temulawak, Bisa Mendukung Kesehatan Jantung

Kategori :