Ubah Pola Fikir, Mahasiswa KKN Kelompok 8 ITPA Kelola Sampah Plastik Jadi Paving Blok

Jumat 13-09-2024,18:54 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, mahasiswa KKN Kelompok 8 ITPA bersama Karang Taruna CRP Serumpun Desa Curup melakukan kegiatan pengumpulan sampah plastik di Dusun Curup, Kelurahan Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara.

Kegiatan ini mengusung tema program kerja "Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Paving Blok".

Fadil Nurrohman Ketua Kelompok 8, didampingi  dosen pembimbing Jenny Suwa Muda menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengubah pola pikir anak muda dan masyarakat Desa Curup tentang pentingnya pengelolaan sampah plastik. 

Menurutnya, sampah plastik yang menumpuk dapat diatasi dengan cara mengolahnya menjadi paving blok yang bermanfaat, seperti untuk pembuatan jalan setapak.

BACA JUGA:Tanggulangi Penyakit Kriting Pada Buah Cabai, ITPA Lakukan Terobosan Ini

"Pengumpulan sampah plastik dilakukan pada siang hari dan kami berhasil mengumpulkan 20 karung sampah plastik. Pada malam hari, kami langsung melakukan pembuatan paving blok dan berhasil menghasilkan 19 paving blok. Kegiatan ini akan terus berlanjut hingga seluruh sampah plastik yang menumpuk di tempat pembuangan dapat diolah menjadi paving blok," jelas Fadil kepada pagaralampos.com Jum'at, 13 September 2024.

Fadil Berharap, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan memahami bahwa sampah plastik, jika dikelola dengan baik, dapat menjadi sumber daya yang bermanfaat. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat terus didukung oleh masyarakat dan menjadi langkah awal bagi terciptanya lingkungan yang lebih bersih dan lestari,"pungkasnya.

Kategori :