8 Tips Ampuh Menghilangkan Pikiran Gelisah, Agar Hidup Lebih Tenang

Jumat 13-09-2024,11:34 WIB
Reporter : Lia
Editor : Almi

Waktu kita merasa gelisah, pernapasan cenderung menjadi cepat dan dangkal. namun, dengan pernapasan dalam dan  teratur, kita bisa menurunkan taraf kecemasan secara signifikan.

Cobalah teknik pernapasan 4-7-8: Tarik napas selama 4 detik, tahan selama 7 dtk, kemudian hembuskan perlahan selama 8 dtk. Ulangi ini beberapa kali sampai pikiran menjadi lebih damai.

Teknik ini bekerja menggunakan cara menenangkan sistem saraf dan membantu tubuh melepaskan ketegangan.

3. Mempraktikkan Mindfulness

BACA JUGA:5 Tips Jitu Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi: Hindari Kesalahan Saat Belanja

Mindfulness ialah galat satu keterampilan yg bisa mempertinggi kecerdasan emosional. menggunakan melatih mindfulness, kita belajar untuk hayati sepenuhnya pada momen waktu ini.

Tanpa terjebak pada kekhawatiran tentang masa kemudian atau masa depan. Rasa gelisah seringkali kali muncul asal pikiran yang tidak berdaya mengontrol hal-hal di luar kendali kita.

Tetapi menggunakan mindfulness, kita belajar buat penekanan apa yang mampu kita kendalikan saat ini. Meditasi mindfulness, bahkan hanya beberapa mnt sehari, dapat membantu mengurangi stres dan  menenangkan pikiran.

Dengan menjadi lebih sadar akan apa yang kita rasakan dan pikirkan, kita bisa mengendalikan reaksi kita dengan lebih baik.

BACA JUGA:Tips Fashion Pendaki: Cara Memilih Pakaian Nyaman dan Stylish Saat Mendaki Gunung

4. Mengganti Pola Pikir Negatif

Kecerdasan emosional membantu kita untuk menyadari pola pikir negatif yang mungkin mendasari perasaan gelisah. ketika kita mulai merasa cemas.

Tak jarang kali kita tanpa sadar membentuk skenario terburuk di ketua kita. Ini ialah pola pikir yg dianggap "katastrofisme", di mana kita melebih-lebihkan dilema dan  merasa tidak berdaya menghadapinya.

Buat meredakan kegelisahan, cobalah mengidentifikasi pemikiran-pemikiran negatif ini serta ubahlah sebagai sesuatu yang lebih rasional.

BACA JUGA:Tips Memilih Kacamata yang Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda

Contohnya, Jika pikiranmu berkata, "saya akan gagal total," tantang pemikiran itu dengan berkata, "saya mungkin menghadapi beberapa tantangan, akan tetapi saya sudah punya kemampuan buat mengatasinya."

Kategori :