Kupas Tuntas! Ini Manfaat Ginseng Bagi Tubuh

Jumat 13-09-2024,06:18 WIB
Reporter : Mey
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Ginseng adalah tanaman herbal yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia selama ribuan tahun, terutama di Asia dan Amerika Utara.

Dalam bentuknya yang paling umum, ginseng merujuk pada dua jenis utama: Panax ginseng (ginseng Asia) dan Panax quinquefolius (ginseng Amerika).

Kedua jenis ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, meskipun ada perbedaan dalam efek dan aplikasi mereka. Berikut ini adalah penjelasan mendalam mengenai manfaat ginseng, baik secara fisik maupun mental.

1. Meningkatkan Energi dan Mengurangi Kelelahan

Salah satu manfaat paling terkenal dari ginseng adalah kemampuannya untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan.

Ginseng berfungsi sebagai adaptogen, yaitu zat yang membantu tubuh menyesuaikan diri dengan stres dan meningkatkan daya tahan.

Penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu mengurangi tingkat kelelahan pada individu yang mengalami kelelahan kronis, dan meningkatkan stamina serta vitalitas secara keseluruhan.

Konsumsi ginseng secara teratur dapat memberikan dorongan energi yang alami tanpa efek samping seperti yang mungkin terjadi dengan kafein.

BACA JUGA:5 Minuman Tradisional Wedang dengan Segudang Manfaat

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ginseng juga dikenal dapat meningkatkan fungsi kognitif. Beberapa studi menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan belajar.

Ini dikarenakan ginseng mengandung senyawa aktif yang disebut ginsenosides, yang dipercaya mempengaruhi neurotransmitter dan meningkatkan aliran darah ke otak. Konsumsi ginseng dapat membantu memperbaiki fungsi otak, terutama pada individu yang mengalami penurunan fungsi kognitif terkait usia.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Ginseng dapat berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Senyawa aktif dalam ginseng dapat membantu meningkatkan respons imun tubuh dengan merangsang produksi sel-sel imun seperti makrofag dan limfosit.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, tubuh menjadi lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Kategori :