Ketiga di Sumsel, Dirikan Satpas Pelayanan SIM Standar Korlantas Polri di Pagar Alam

Rabu 11-09-2024,12:14 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Almi

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Dalam rangka meningkatkan pelayanannya, Satlantas Polres Pagar Alam segera bangun sarana Satpas Pelayanan SIM. Yang lokasinya dikawasan Komplek Perkantoran Gunung Gsre.

Saat ini, untuk tahapan persiapannya melakukan penyiapan tanah. Yang sebelumnya tekah dilakukan survei langsung oleh Tim Korlantas Polri

Prihal persiapan pembangunan Satpas Pelaanan SIM tersebut divenarkan Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Aras Genda SH SIK MT melalui Kasat Lantas Iptu Dr Jhoni Albert.

Kepada pagaralampos.com, Rabu (11/9), dia menyebutkan, jika pembangunan Sstpas Prototype ini sebagai perconttohan pelayanan SIM yang diinginkan Korlantas Mabes Polri.

BACA JUGA:Resmikan Kantor Satpas Satlantas, Pelayanan SIM Pindah ke Mapolres Pagar Alam

"Satpas Pelayanan SIM ini nantijya sebagai fasilitas yang memenuhi standar apa yang diinginkan Korlantas Mabes Polri," ucap dia.

Untuk di Sumsel sendiri, lanjut Kaslan, baru ada dua Satpas. Yakni di OKi dan Mura. "Nantinya, di Pagar Alam merupakan Satpas Pelayanan S8M yang ketiga dibangun melalui dukungan Korlantas Polri," beber dia.

Iptu Dr Jhoni Albert juga menjelaskan, jika untuk pelayanannya nanti mulai dari SIM A, C dan B dengan klasifikasinya. 


Foto : Lokasi pembangunan Satpas Pelayanan SIM--pagaralampos.com

Di Satpas ini nantinya dilakukan pelayanan sesuai dengan prosedur antrian. Dengan metode realtime monitoring antrian FIFO yakni firt in first out.

BACA JUGA:Satlantas Berikan Bansos kepada Penyandang Disabilitas, Sambut HUT Lalu Lintas ke 69

Tidak hanya itu, ujian SIM ini juga menggunakan sistem e drive. "Yang jelas, untuk kebutuhan SDMnya, Satlantas Polres Pagar Alam memiliki dua personel dua penguji SIM yang telah sertifikasi," ucap dia seraya mengatakan jadi kedepan bagi masyarakat Pagar Alam mengurus SIM B sudah bisa di Satpas Pagar Alam.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Pagar Alam Ade Kurniawan melalui  Kabid Aset Junaidi Bangun  mengatakan, mengenai persiapan pembangunan Satpas Prototype untuk pelayanan SIM mendapat dukungan Pemkot Oagsr Alam.

"Saat ini, tengah mempersiapkan hibah tanah, yang sebelumnya telah mendapat persetujuan Pj Walikota dan sedang dibahas di DPRD Kota Pagar Alam," ucapnya menyebutkan jika luas area Satpas sekitar 1 Hektar yang atatusnya aset Pemkot Pagar Alam.

Kategori :