Kembangkan Pariwisata Lokal, Dispar Gelar Pelatihan Pemandu Arung Jeram

Selasa 10-09-2024,20:04 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Almi

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM – Meningkatkan kemampuan dan kompetensi para pemandu wisata arung jeram di Kota Pagaralam, Dinas Pariwisata Kota Pagaralam menggelar giat Pelatihan Pemandu Wisata Arung Jeram Kota Pagaralam tahun 2024.

Giat yang mengambil tempat di Gedung Seminar Hotel/Villa Gunung Gare, Kota Pagar Alam, dibuka langsung Pj Walikota Pagaralam H Lusapta Yudha Kurnia SE MM, diikuti penuh antusias para peserta, Selasa (10/9).

Dalam pelatihan ini, beberapa narasumber ahli dihadirkan, termasuk dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Basarnas Provinsi Sumatera Selatan, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Pagar Alam, dan Tagana Kota Pagar Alam.

Mereka memberikan materi seputar keamanan, teknik arung jeram, serta pelayanan wisata yang berkualitas.

BACA JUGA:Kadispar Pagar Alam : Jangan Abaikan Keselamatan Wisatawan

Dalam sambutannya, Lusapta Yudha Kurnia menyampaikan bahwa Kota Pagar Alam memiliki bonus topografi yang luar biasa, seperti aliran sungai yang menantang serta beberapa spot wisata alam yang menarik.

Menurutnya, potensi alam yang besar ini harus diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul serta dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

Bonus topografi yang kita miliki harus diimbangi dengan SDM yang mumpuni, serta sarana dan prasarana yang mendukung.

"Pelatihan ini adalah salah satu langkah yang tepat untuk meningkatkan kompetensi para pemandu wisata arung jeram kita,” jelas Pj Walikota Lusapta Yudha.

BACA JUGA:Bantu Pelaku Ekonomi Kreatif Dapatkan Akses Informasi, Dispar Pagaralam Adakan Sosialisasi

BACA JUGA: Dispar Sukses Gelar Festival Kuliner, Kenalkan Kekayaan Kuliner Khas Pagar Alam!

Ia juga berharap pelatihan ini dapat memberi dampak positif bagi pengembangan pariwisata di Kota Pagar Alam.

“Selamat mengikuti pelatihan, semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pariwisata di Kota Pagar Alam,” pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdako Pagar Alam, Staf Ahli Walikota, Kepala Dinas Kominfo, Kasat Pol-PP, Ketua GOW, Ketua Dharmawanita Persatuan, TP PKK, serta perwakilan OPD terkait.

Kategori :