Mengungkap Rahasia Gunung Sunda: Legenda dan Fakta dari Dataran Tinggi Jawa Barat

Sabtu 07-09-2024,05:58 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Sunda, yang terletak di Dataran Tinggi Jawa Barat, dikenal tidak hanya karena keindahan alamnya tetapi juga karena sejumlah cerita legenda dan mitos yang menyertainya.

Gunung ini terbentuk dari batuan pasir kuarsa dan memiliki kemiringan lereng lebih dari 40%, mencakup area sekitar 150 hektar.

Selain sebagai daerah resapan air dan sumber mata air bagi komunitas sekitar, Gunung Sunda juga menarik perhatian wisatawan dengan pesona mistisnya.

Berikut adalah beberapa mitos dan legenda yang terkait dengan Gunung Sunda:

1. Tempat Persembunyian Tersembunyi

Gunung Sunda dikenal dengan nama-nama lain seperti Gunung Kerud atau Gunung Tunda.

Nama-nama ini diduga terkait dengan fungsi gunung sebagai tempat persembunyian di masa lalu, yang membuatnya sengaja disembunyikan dari pengetahuan umum.

2. Legenda Benda Pusaka

Menurut legenda, Gunung Sunda atau Gunung Tunda digunakan untuk menyembunyikan barang pusaka yang konon dapat memberikan kekayaan atau kekuasaan bagi penemunya. Nama tersebut diyakini bertujuan untuk menjaga lokasi pusaka tetap tersembunyi.

3. Goa yang Terhubung

Di sekitar Gunung Sunda terdapat goa yang dipercayai sebagai tempat penyimpanan senjata perang dari laskar Pajajaran.

Beberapa cerita mengaitkan goa ini dengan Goa Kutamaneuh di Gunungguruh dan Goa Sarongge Cicantayan, serta melaporkan penampakan macan atau ‘maung’ di sekitarnya.

4. Persinggahan Prabu Siliwangi dan Penampakan Kereta Kencana

Gunung Sunda dipercaya sebagai salah satu tempat persinggahan Prabu Siliwangi bersama pengawalnya.

Beberapa orang melaporkan penampakan macan hitam bergaris merah yang disebut Maung Lodaya serta kereta kencana yang dikaitkan dengan Kerajaan Pajajaran.

Kategori :