3 Pahlawan Kemerdekaan RI Gugur di Usia Muda, Kisah Heroiknya Masih Dikenang

Senin 26-08-2024,05:22 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAMPOS.COM - Kemerdekaan Indonesia yang saat ini kita rasakan adalah buah dari perjuangan bangsa Indonesia dahulu kala.

Perjuangan yang tidak mudah dan dipenuhi dengan para korban yang berjatuhan. Membayangkan betapa sulitnya mereka untuk mencapai kemerdekaan ini, membuat kita harus menghargainya dengan mengingat nama-nama pahlawan tersebut.

Mereka yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk membebaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan.

Bahkan di antara mereka sudah tutup usia di usia yang terbilang masih sangat muda. Lalu siapa sajakah pahlawan tersebut? Inilah beberapa pahlawan yang meninggal di usia muda:

BACA JUGA:Nafas Terakhir, Kisah 7 Pahlawan Kemerdekaan RI Tak Pernah Pulang, Namanya Tetap Terkenang Sepanjang Masa

1. Pierre Andreas Tendean (26 Tahun)

Pierre Andreas Tendean merupakan intelijen dan ajudan Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution dengan pangkat letnan satu.

Gerakan G 30 S/ PKI adalah gerakan komunis yang sangat fenomenal saat itu, dan merenggut nyawa beberapa jenderal serta perwira salah satunya adalah Pierre Andreas Tendean.

Di usianya yang ke 26 tahun, Pierre Andreas Tendean tutup usia. Dimakamkan bersama dengan para korban G 30 S/PKI lainnya di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Ia ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi Indonesia atas dedikasi dan pengorbanannya tersebut.

BACA JUGA:Sejarah Jeme Kite, Inilah Perjalanan Hidup Kolonel Barlian, Salahsatu Pahlawan Kemerdekaan dari Sumsel

2. Martha Christina Tiahahu (17 Tahun)

Seorang perempuan kelahiran Nusa Laut, Maluku, 4 Januari 1800 merupakan pejuang perempuan yang dikenal karena keberanian dan kegigihannya melawan musuh.

Bersama dengan ayahnya, yaitu Kapitan Paulus Tiahahu yang merupakan ajudan Thomas Matulessy dalam perang Pattimura.

Menginjak usianya yang ke-17 tahun, Martha tutup usia dan jasadnya dibuang di Laut Banda. Untuk mengingat pengorbanannya, masyarakat mendirikan sebuah patung yang menghadap ke arah Laut Banda, tempat terakhir Martha di dunia.

Kategori :