Cetak Generasi Muda yang Berkarakter Islami

Minggu 25-08-2024,19:58 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM – Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan iman dan takwa sebagai umat beragama, salah satunya melalui kegiatan sekolah yang berfokus pada penguatan karakter Islami.

Di SD Negeri 26 Kota Pagaralam, upaya ini diwujudkan melalui kegiatan rutin Shalat Dhuha dan Baca Juz Amma bersama yang dilaksanakan empat kali dalam seminggu.

Kepala SD Negeri 26 Rini Septiani S.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah lama digalakkan.

Dengan tujuan utama agar peserta didik terbiasa menjalankan Shalat Dhuha dan tadarus baik di sekolah maupun di rumah.

BACA JUGA:Cetak Generasi Unggul dan Berkarakter Islami, Karang Taruna Kampung Bangun Sari Gelar 'Gebyar Ramadhan

"Kegiatan ini sudah menjadi bagian dari program sekolah yang kami laksanakan dengan konsisten. Kami ingin siswa-siswi kami tumbuh dengan kebiasaan baik yang bisa mereka terapkan di manapun mereka berada," ungkap Rini Septiani.

Shalat Dhuha, yang merupakan salah satu ibadah sunnah dengan banyak manfaat dan keberkahan, dianggap penting untuk dibiasakan kepada seluruh siswa.

Selain sebagai ibadah, Shalat Dhuha dan tadarus juga merupakan bagian dari upaya sekolah untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan, yaitu menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia dan berkarakter Islami.

Lebih lanjut, Rini berharap kegiatan ini dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan karakter siswa-siswi, khususnya dalam hal kedisiplinan dan pengembangan karakter Islami.

BACA JUGA:Tanamkan Kedisiplinan Pada Siswa, Bentuk Pendidikan Berkarakter

"Kami percaya bahwa dengan konsistensi dalam kegiatan ini, siswa akan terbiasa menjalankan kebiasaan baik baik di sekolah maupun di rumah.

Karena itulah, kami di sekolah sangat mendukung penuh program ini agar bisa terus berjalan dengan baik," tambahnya.

Dukungan penuh dari pihak sekolah ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan karakter Islami di kalangan siswa.

"Harapan kedepan, mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang taat beragama dan berakhlak mulia," ucap dia.

Kategori :